4 Tips Memilih Microphone untuk Home Studio Voice Over Kamu

Membangun bisnis voice over memiliki banyak tantangan terutama mengingat ketatnya persaingan dalam dunia tersebut. Dapat dikatakan sebagai salah satu jenis usaha yang berkaitan dengan hobi, bisnis voice over menumbuhkan cara-cara independen dalam praktiknya. Mereka akan mulai merekam di home studio milik sendiri. Terkait hal tersebut, Indovoiceover akan memberikan tips dalam memilih mikrofon sehingga home studiomu dapat menjadi aset yang produktif dan efektif!

 

  • Mencoba berbagai brand¬†microphone sebagai referensi

 

Penting buatmu dalam mengenali perbedaan beberapa jenis mikrofon. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah mencoba berbagai merek yang berbeda. Indovoiceover menyarankan kamu mencoba di antara merek- merek berikut:

  • Kalau kamu mencari mikrofon plug and play, artinya kamu membutuhkan tipe mikrofon USB. Tiga rekomendasi terbaik untuk tipe ini yaitu Rode NT USB, Audio Technica AT2020USB+, versi USB dari pendahulunya AT2020 dan Blue Yeti (salah satu merek paling terkenal di kalangan streamer dan podcaster).
  • Kamu juga mungkin membutuhkan rekomendasi mikrofon dengan harga terjangkau tanpa perlu mengorbankan kualitas suara, berikut beberapa pilihannya: Shure SM57, Shure SM58, Rhode NT3, Behringer C1, serta Audio Technica AT2020.

 

  • Mencoba mikrofon di tempat kamu nanti akan melakukan rekaman

 

Mencoba mikrofon dapat menjadi pilihanmu untuk mengetahui tipe mikrofon yang cocok denganmu. Kamu dapat mencoba hal ini di tempat kamu akan melakukan rekaman nantinya, sehingga kamu memiliki pertimbangan saat akan memilih jenis mikrofon.

 

  • Baca frekuensi response yang paling tepat untuk suara kamu

 

Beragamnya tipe suara manusia membuat produksi mikrofon dilakukan dalam tipe yang beragam pula. Cara terbaik dalam menentukan mikrofon untuk home studiomu adalah dengan membaca respon frekuensi yang paling tepat untuk suara kamu.

 

  • Jauhi handheld microphone

 

Di antara alasan mengapa kamu sebaiknya menjauhi tipe mikrofon handheld, yaitu adanya rasa tidak nyaman yang akan kamu rasakan selama rekaman. Selain itu, penggunaan mikrofon handheld akan mengurangi efektivitas rekaman dan kurang cocok apabila kamu memilih mikrofon tipe ini untuk sesi rekamanmu. Dan hal paling krusial dari pemilihan mikrofon ini adalah, kamu akan menjadi kurang maksimal dalam mendalami karakter yang tengah kamu bangun melalui suaramu.

 

Itulah tips-tips dalam memilih mikrofon yang tepat untuk home studiomu. Selamat memilih yang terbaik sesuai tipe suaramu ya!