Gunakan Voice Over Untuk Memaksimalkan Presentasimu

Sudah bukan zamannya lagi presentasi sepenuhnya mengandalkan teks Power Point. Sudah lumrah untuk menggaet hati calon klien atau atasan, pihak perusahaan atau individual ingin menghadirkan presentasi kekinian yang canggih, segar dengan tetap memperhatikan isi presentasi itu sendiri.

Baik berupa narasi atau memadukan angka, presentasi zaman now dapat memanfaatkan voice over atau pengisi suara atau dubber talent untuk menarik atasan, calon klien dengan data dan argumentasi kuat. Voice over for Power Point menjadi salah satu cara yang bisa diterapkan. Dalam voice over for Power Point, ada beberapa hal teknis yang patut diperhatikan agar presentasi berjalan efektif.

Yang pertama yakni kesesuaian antara naskah untuk diisi suaranya dengan inti presentasi. Pastikan teman-teman selaku voice over atau pengisi suara atau dubber talent tetap memahami keseluruhan pokok presentasi, bukan hanya membaca saja bagian yang akan diisi suarakan. Dengan mengetahui maksud dan tujuan akhir presentasi, entah mendapatkan suatu project atau menjabarkan capaian perusahaan, teman-teman bisa membawakan narasi dengan lebih maksimal.

Yang kedua teknik penyuntingan. Terlepas dari siapakah yang akan memadukan hasil voice over atau pengisi suara atau dubber dengan Power Point, teman-teman lebih baik meminta hasil presentasi jika dituangkan ke dalam Power Point demi pengisian suara yang pas. Perlu dicatat bahwa voice over for Power Point harus memperhatikan ketepatan komunikasi melalui kombinasi suara dan teks di dalamnya. Usahakan bagaimana dengan suara untuk menjelaskan teks yang singkat, audiens dapat menangkap maksud presentasi nantinya.

Terakhir mengenai mikrofon. Hal ini terutama bagi teman-teman yang akan merekam di rumah sendiri. Usahakan teman-teman bisa mengatasi suara latar yang dirasa mengganggu agar tidak mempengaruhi audio presentasi yang mungkin sudah dimiliki oleh klien. Dalam hal ini, penyuntingan untuk mencocokkan audio dan suara latar mutlak diperhatikan.

Menghadirkan pengisian suara melalui voice over for Power Point bukan hanya sekadar membacakan narasi. Pemahaman maksud presentasi melalui penguasaan keseluruhan materi plus penyuntingan audio yang tepat masing-masing memainkan peran kunci demi presentasi yang efektif, menarik dan mencapai sasaran. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi yang hendak mengincar project pengisian suara presentasi.