Tiga Tips Untuk Mendaftar Sebagai Dubber

Siapa yang nggak mau menekuni profesi berdasarkan hobi yang dicintai. Terlebih zaman sekarang kemajuan teknologi membuat banyak yang melakoni pekerjaan sesuai minat. Salah satunya adalah terkait suara. Ada yang namanya  voice over atau pengisi suara atau dubber. Meski sama-sama mendasarkan pada suara yang unik, dubbing dan voice over merupakan kegiatan yang berbeda.

Dalam dubbing, seorang dubber membawakan naskah asli yang memang ada dalam video. Paling gampang memahami dubber adalah mereka yang membacakan narasi dalam bahasa target. Katakanlah dari film animasi bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Sedangkan voice over talent pada umumnya membawakan narasi yang tidak ada di dalam video. Maka dari itu, voice over mempunyai bidang pekerjaan yang lebih luas.

Jika kalian tertarik ingin menjadi dubber, berikut cara daftar jadi dubber yang bisa dicoba:

  1. Melamar langsung ke project yang diketahui

Cara daftar jadi dubber atau pengisi suara atau voice over yang pertama adalah dengan melamar langsung ke project yang diketahui sedang membuka lowongan dubber. Dalam hal ini, kalian bisa mengikuti casting untuk memperoleh karakter yang diincar. Rajin-rajinlah mengecek lowongan stasiun televisi atau pihak ketiga yang bekerjasama dengan stasiun televisi yang membutuhkan dubber untuk tokoh tertentu.

  1. Menyerahkan ke pihak agensi

Cara daftar jadi dubber atau pengisi suara atau voice over yang kedua adalah dengan melamar ke pihak agensi dan biarkan pihak agensi yang mencarikan project yang cocok bagi kalian. Biasanya mereka akan memperoleh informasi langsung terlebih dahulu dari yang membutuhkan jasa dubber untuk project tertentu. Sembari menunggu, tetaplah asah kemampuan dubbing kalian.

  1. Melamar ke pihak stasiun televisi atau pihak terkait

Cara daftar jadi dubber yang ketiga ini bisa dicoba meski berarti akan masuk ke daftar panjang. Melamar dan memberi langsung contoh rekaman dubbing kalian ke pihak Sumber Daya Manusia atau SDM stasiun televisi atau studio bisa menjadi pilihan ke-3. Di sini kalian tetap memberikan contoh suara terbaik meski kalian tidak tahu sedang ada lowongan dubber atau tidak. Sisi minusnya, kalian akan membutuhkan waktu lama untuk memperoleh project baru. Kabar positifnya, kalian bisa diprioritaskan jika ada project baru yang sesuai dengan karakter suara kalian dan cara kalian membawakan suara tokoh tertentu.