Event Report: Indovoiceover Voice Over Class College Tour #2 UMY

Setelah sukses menyelenggarakan Voice Over Class pertama di kampus Universitas Pembangungan Yogyakarta (UPN), Indovoiceover Voice Over Class College Tour kembali dilaksanakan pada hari Jumat, 3 Maret 2017. Bertempat di Laboratorium Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), “Voice Over in Film & Radio” adalah tema yang dibawakan dalam Indovoiceover Voice Over Class College Tour kali ini.

Tim Waiwai Studio bersiap sebelum memulai acara

Acara kali ini dibagi menjadi tiga sesi, dimana terdapat 2 keynote speaker yaitu Jatmiko Kresnatama selaku Studio Manager dari Indovoiceover, dan Ian Sofyan yang merupakan salah satu senior talent dari Indovoiceover.com.

Sesi pertama dimulai pada pukul 15.30, dibuka oleh Jatmiko Kresnatama atau yang lebih akrab dipanggil Miko. Miko membuka acara dengan memperkenalkan Waiwai Studio dan Indovoiceover yang dilanjutkan dengan pembahasan mengenai peran Voice Over dalam dunia film dan radio. Selain itu Miko juga memberikan contoh-contoh berupa video dan audio tentang bagaimana Voice Over digunakan di film atau radio.

Jatmiko Kresnatama (Indovoicevoer Studio Manager) Memulai sesi pertama dengan penjelasan tentang peran Vocie Over dalam Film & Radio

Sesi kedua diisi oleh Ian Sofyan. Pada sesi kedua ini beliau menceritakan pengalamannya selama bekerja di dunia broadcast, terutama ketika menjadi seorang penyiar radio di berbagai stasiun radio di Indonesia. Ian juga memberikan beberapa tips dan trik untuk melatih nada bicara bagi para peserta yang kebanyakan berasal dari jurusan Broadcasting dan UKM Radio.

Ian Sofyan (Senior Talent Indovoiceover) memberikan contoh ketika melakukan perekaman suara

Miko kembali mengisi sesi ketiga atau sesi terakhir. Pada sesi kali ini  ia menjelaskan peran dan teknis pada saat melakukan proses rekaman di studio. Miko juga mengajak beberapa mahasiswa untuk terlibat langsung dalam proses produksi rekaman, seperti penggunaan software untuk melakukan rekaman, pemilihan microphone yang baik serta mencoba merekam suara menggunakan naskah yang telah disediakan oleh tim Indovoiceover.

Peserta Mempraktekan proses perekaman menggunakan Digital Audio Workstation (DAW)

Indovoiceover College tour kali ini disambut dengan hangat serta antusias oleh para peserta. Hal ini dapat dibuktikan dengan penuhnya kursi yang disediakan di Laboratorium Komunikasi UMY. Para peserta juga sangat bersemangat ketika diajak berpartisipasi langsung dalam proses rekaman. Begitu pula ketika pengenalan alat dan set up studio recording yang baik.

Kami berharap hal-hal tersebut dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi mahasiswa, sehingga mereka mampu bekerja lebih baik dan menjadi profesional-profesional baru di dunia broadcasting Indonesia.

Akhirnya, kami dari tim Indovoiceover dan Waiwai Studio mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya atas kesempatan yang sudah diberikan untuk berbagi pengalaman di kampus UMY.

Sampai jumpa di Indovoiceover Voice Over Class College Tour kami selanjutnya pada tanggal 18 Maret 2017, kampus MMTC Yogyakarta!