Event Report: Indovoiceover Voice Over Class College Tour #3 MMTC

Rangkaian acara Indovoiceover Voice Over Class College Tour akhirnya sampai di tujuan akhir putaran pertama. Tujuan kami kali ini adalah Sekolah Tinggi Multimedia dan Komunikasi MMTC Yogyakarta. pada kesempatan tersebut Indovoiceover memilih tema “Voice Over in Animation”. Kami memilih tema ini untuk lebih memperkenalkan bahwa Voice Over juga turut serta dan berperan cukup penting dalam pembuatan video ataupun film animasi.

Seperti acara-acara sebelumnya, acara kali ini juga dibagi ke dalam 3 sesi dengan 2 keynote speaker, yaitu Rangga Sang Eshayoga (Head Technical Director of Waiwai studio) dan Armand Pradana (Senior Talent of Indovoiceover).

Pada sesi pertama Miko (Indovoiceover Studio Manager) membuka acara dengan memperkenalkan apa itu Waiwai Studio dan Indovoiceover. Selanjutnya Rangga Sang Eshayoga atau lebih dikenal dengan Ega, memberikan materi mengenai Voice Over dalam Animasi. Ega juga memberikan contoh-contoh penggunaan voice over dalam animasi, baik contoh global seperti di film-film terkenal ataupun contoh voice over yang pernah dikerjakan oleh Waiwai Studio.

Sesi kedua dilanjutkan oleh Armand Pradana. Armand memulai sesi kedua dengan menceritakan pengalamannya selama bertahun-tahun bekerja di dunia Voice Over dan radio. Beliau juga bercerita bagaimana ia memulai karir sebagai Voice Over Talent. Menurut Armand, hal paling mudah untuk memulai karir sebagai Voice Over Talent adalah dengan meniru gaya dan cara bicara para Vocie Over Talent yang sudah terkenal atau dia kagumi, tak lupa ia juga memberikan tips dan trik untuk membaca naskah dengan baik. Di akhir sesi Armand juga menjelaskan bahwa Voice Over dapat dilatih dan bukan hal mustahil untuk semua peserta untuk berkarir sebagai Voice Over Talent Profesional.

Seperti biasanya, pada sesi ketiga, tim Indovocieover mengajak para peserta yang hadir untuk ikut terlibat dalam proses rekaman suara. Pada sesi ini para peserta, dengan arahan Voice Director serta bimbingan Armand,  diminta untuk membaca naskah dari video animasi yang sudah pernah dikerjakan oleh Waiwai Studio.

Para peserta tampak sangat antusias dengan acara ini. Karena selain berkenalan lebih dekat dengan Voice Over, mereka juga mendapatkan pengetahuan baru tentang proses produksi, tips dan trik yang dapat mereka aplikasikan dalam tugas kuliah atau project yang mereka kerjakan.

Terima kasih kepada tim MMTC dan juga para panitia yang telah memberikan waktu dan tempat kepada tim Indovocieover untuk melakukan acara ini. Tidak lupa juga Tim Zeal Music dan Alctron yang sudah memberikan sponsor berupa doorprize berhadiah microphone dan Headphone.

Selesai sudah rangkaian acara Indovoiceover Voice Over Class College Tour sesi pertama kami. Jangan lupa masih akan ada sesi rangakaian tur sesi kedua, ketiga dan selanjutnya di luar kota!

Sampai jumpa!