Tiga Hal Penting Tentang Voice Over Dalam Film

Voice over movie merupakan istilah yang berarti pengisian suara untuk film. Voice over movie menjadi salah satu sektor lapangan kerja yang bisa dilakukan oleh voice over talent mengingat pesatnya perkembangan industri kreatif dimana film menjadi salah satu sektor populer.

Tak mengherankan banyak yang ingin menjadi pelakon voice over movie dengan harapan bisa membawa ke peluang lebih besar ke depannya. Apakah kalian tertarik mencoba secara spesifik terjun ke bidang ini? Berikut tiga hal penting yang sebaiknya kalian ketahui:

 

  1. Penguasaan banyak tokoh

Pembawaan sifat karakter dalam film begitu beragam, mengikuti kayanya sifat manusia. Semakin sering melihat dan mempelajari sifat tokoh dalam film, semakin piawai kalian membawakan banyaknya jenis karakter dalam project voice over atau pengisi suara atau dubber nantinya. Ini menjadi poin mendasar mengingat topik film yang berkembang pesat beserta sifat tokoh di dalamnya.

  1. Pemahaman dialog dalam narasi

Tidak menutup kemungkinan dalam project voice over atau pengisi suara atau dubber kalian perlu mengisi bagian dialog tertentu. Entah pendek atau pun panjang, memahami dialog dalam naskah film sangatlah penting. Dalam dialog biasanya mencakup tanda baca yang berperan sentral dalam membentuk keseluruhan nada dalam naskah yang lalu tertangkap melalui suara

  1. Pembentukan ekspresi

Walau publik tidak mengetahui wajah kalian, ekspresi tetaplah penting. Sebab dari ekspresi wajah yang pas, hasil perekaman suara akan terdengar secara maksimal, pas dengan tokoh yang dibawakan. Rasanya sulit membayangkan ekspresi wajah datar padahal sedang membawakan tokoh yang tengah meluapkan kemarahannya. Audiens pun akan sulit menangkap maksud sang tokoh jika ekspresi kalian tetap datar.

Ketiga hal di atas hendaknya tetap dilatih pada level apa pun kalian berada. Tema film yang terus berubah mengikuti perkembangan zaman berpengaruh pula terhadap jenis sifat tokoh yang bisa menjadi tantangan bagi kalian sebagai voice over talent. Oleh karena itu, tetap terhubung dengan perubahan selera penikmat film menjadi kebutuhan tersendiri jika kalian memang ingin terus berkecimpung di bidang industri kreatif ini. Selamat terus berlatih, teman-teman!