Aplikasi Terbaik Perekam Suara Melalui Handphone

Melakukan rekaman setiap saat dimana dan kapan saja bukan suatu hal yang baru bagi seorang voice over talent. Terkadang ponsel atau handphone digunakan sebagai alat bantu rekaman saat diluar dengan cara yang simple. Merekam suara dengan menggunakan handphone tersebut tak jarang akan memberikan hasil yang kurang memuaskan, apalagi jika perekaman dilakukan di sebuah tempat yang memiliki tingkat kebisingan yang cukup parah. Meskipun demikian, tidak sedikit orang, khususnya voice over atau pengisi suara atau dubber talent tetap menggunakan handphone untuk merekam suara mereka.

 

Perekaman suara menggunakan handphone, khususnya handphone yang berbasis android semakin sering dilakukan. Mulai dari hanya untuk keperluan merekam voice note, hingga diperlukannya merekam sample suara dalam keadaan tertentu bagi seorang voice over atau pengisi suara atau dubber talent. Namun terkadang microphone asli miliki handphone tidak cukup memadai dan memberikan kualitas suara yang sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu, munculkah iRig Lav Mic yang mampu membantu memenuhi kebutuhan seseorang dalam hal perekaman suara.

Android Central telah memberitakan bahwa microphone ini dibuat oleh IK Multimedia. Uji coba dilakukan dengan menggunakan salah satu merk handphone. Dari hasil percobaan ini membuktikan bahwa penggunakan iRig sangat mudah untuk digunakan oleh pengguna awal yang baru pertama kali ingin mencoba merekam suara ataupun yang sudah terbiasa dalam hal melakukan perekaman suara. iRig merupakan aplikasi yang bisa diunduh dengan mudah di Play Store untuk bisa mengakses fitur-fitur yang telah disediakan yang tentunya tidak terdapat pada microphone asli bawaan dari handphone.

Aplikasi yang bernama iRig Recorder adalah aplikasi gratis yang diciptakan untuk membantu memenuhi kebutuhan seseorang dalam hal perekemakan dan sebagai pengganti microphone bawaan handphone yang kurang memadai juga kurang mampu memberikan hasil yang maksimal. Aplikasi iRig ini bisa dengan gampang dan juga gratis melalui Play Store. Ada beberapa fitur tambahan dari aplikasi ini, antara lain adalah, mengatur seberapa besar volume suara yang akan direkam, Auto Recording, mengatur backgroundaudio, dan masih banyak lagi.

 

Hal yang terpenting adalah kini merekam suara atau percakapan penting menjadi suatu hal yang mudah untuk dilakukan dengan aplikasi ini. Tidak perlu khawatir lagi jika rekaman yang dilakukan dimana saja, bahkan di tengah suara hingar bingar pun bukan lagi menjadi masalah jika menggunakan iRig Mic Lav ini.