Tips Setelah Anda Mengikuti Kursus Voice Over

Tugas seorang pembelajar memasuki babak baru usai merampungkan kursus voice over atau pengisi suara atau dubber. Jangan biarkan waktu yang kalian investasikan belajar di kelas dan uang kursus terbuang percuma karena tidak ada tindakan lebih lanjut. Apa saja langkah biar ilmu paska menghadiri banyak sesi pelajaran voice over atau pengisi suara atau dubber tidak menguap?

  1. Mengulang bahan pembelajaran

Setelah semua sesi selesai, ulangilah bahan yang kalian pelajari di kelas. Teori, pemikiran hingga saran dari guru voice over dapat kalian ulangi dengan cara membaca lagi materi yang diberikan atau menuliskannya ke dalam buku sendiri. Cara yang kedua akan sangat membantu dalam menancapkan ilmu ke otak lebih dalam lagi.

  1. Membagikannya ke orang lain

Tidak harus ke mereka sesama voice over atau pengisi suara atau dubber talent, kalian bisa membagikannya ke teman di media sosial, blog atau video di YouTube. Terlepas dari kebutuhan isian konten, berbagi ilmu itu wajib hukumnya. Kalian bisa belajar lagi jika ada teman yang bertanya lalu kalian lupa. Di situlah kalian jadi membuka materi kursus lagi. Cara kedua ini membawa manfaat bagi kedua belah pihak.

  1. Mempraktekkan bagian yang memang membutuhkan latihan tersendiri

Ingat kembali bagian dimana kalian harus mempraktekkan bagian tertentu di dalam kelas. Sebagai contoh, saat peserta kursus voice over diminta mengucap narasi yang tepat, menyelami tanda baca lalu mempraktekkannya ke dalam pembacaan teks dan lainnya. Setelah tidak ada pelatih yang memonitor, praktekkanlah semuanya secara sendiri. Lalu cobalah mengingat apa hasilnya sama dengan yang diharapkan oleh pelatih atau tidak. Dari sinilah kalian akan mengulang kembali jika memang hasilnya berbeda.

  1. Mencari komunitas sesama voice over talent

Cara terakhir adalah mencari teman sesama voice over talent agar pergaulan kalian lebih luas. Hal ini terutama jika kalian bisa satu grup dengan mereka yang pernah satu kelas sehingga bisa saling mengoreksi dan memberi ilmu lainnya jika mereka mempunyainya. Dari komunitas ini kalian mungkin bisa memperoleh informasi project pengisian suara yang bisa kalian coba. Bagaimana jika tidak menemukannya? Kalian bisa membuatnya sendiri loh bareng mantan teman satu kelas.