Manfaat Waktu Istirahat yang Cukup Bagi Pita Suara

Kondisi badan yang sehat tentu akan memiliki peran penting dalam melakukan pekerjaan sebagai voice over talent. Karena apa? Karena kondisi badan yang sehat akan mampu untuk mengeluarkan suara yang berkualitas. Jika gangguan kesehatan mengganggu atau menyerang saluran pernafasan, seperti misalnya flu atau pilek, tentunya akan mengganggu kualitas pita suara yang dihasilkan pula.

 

Dalam dunia voice over, seorang pengisi suara atau voice over talent harus membiasakan diri untuk selalu menjaga kesehatan pita suaranya. Menjaga kondisi tubuh bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Hal utama dan paling penting, harus dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Meminum cukup air putih setiap hari dan menghindari untuk meminum minuman beralkohol serta kafein salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Suara yang dikeluarkan setiap saat itu bergetar sangat cepat dan air mampu untuk menjaganya agar tetap berpelumas.

 

Selain itu, istirahat yang cukup juga sangat memiliki peran penting dalam menjaga kondisi tubuh. Manfaat istirahat yang cukup akan dirasakan dari rutinitas tidur malam. Bukan hanya sekedar menjadi kebutuhan biologis saja, tetapi bertujuan untuk meregenarasi tubuh setiap harinya. Dalam pertumbuhan manusia kebutuhan akan istirahat setiap manusia berbeda, namun istirahat yang cukup pada umumnya akan memberikan manfaat yang kurang lebih sama, seperti:

 

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

foto antibody vector

Tubuh memiliki system imun yang merupakan unsure dari kekebalan tubuh terhadap serangan virus yang menyerang tubuh. Pada saat istirahat, lebih tepatnya tidur, maka tubuh akan menghasilkan melatonin sebagai antioksidan yang mampu untuk menangkal bibit penyakit dan juga radikal bebas. Dengan istirahat yang cukup berarti sama dengan menjaga tubuh dari serangan penyakit yang mampu membuat kualitas pita suara menjadi menurun.

 

  1. Memberikan waktu jeda untuk suara

jeda vector

Istirahat yang cukup memberikan manfaat yang baik dalam memberikan jeda pada suara dari aktivitasnya seharian. Melakukan berbagai macam project terutama jika dalam seharian penuh, akan membuat suara menjadi lelah. Dengan istirahat yang memadai, suara yang dihasilkan pun akan kembali seperti semula.

 

  1. Mengoptimalkan kemampuan suara

foto optimal vector

Aktivitas yang padat terkadang membuat lelah badan maupun pita suara yang dipakai untuk bekerja, khususnya bagi para voice over talent. Kualitas suara yang dikeluarkan bisa menjadi menurun apabila voice over talent kurang memiliki waktu untuk istirahat. Untuk mengembalikan keoptimalan kualitas suara, maka sangat dianjurkan untuk mengambil waktu istirahat yang cukup, sehingga pekerjaan mampu terlaksana dengan baik.

 

Memiliki kualitas istirahat yang cukup akan memiliki dampak yang positif bagi tubuh dan juga suara. Dari kemampuan meningkatkan daya tahan tubuh hingga mengoptimalkan kualitas suara. Oleh karena itu, untuk menjaga kualitas suara, seorang pengisi suara sangat dianjurkan untuk memiliki waktu istirahat yang cukup.