Optimasi Mac Untuk Editing Suara Voice Over

Laptop dengan merk induk Mac buatan Apple Inc memang sudah tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Desain yang bergaya dan tentu saja “jeroan” produk yang eksklusif membuat pengguna Mac dapat memanfaatkannya untuk ragam kebutuhan. Mulai dari terkait profesi hingga hobi, Mac mengakomodir semuanya.

Voice over atau pengisi suara atau dubber Mac contohnya, yang dalam hal ini merujuk pada penyuntingan hasil voice over agar berujung pada kualitas akhir yang memukau telinga pendengarnya. Apple sendiri memasukkan beberapa aplikasi penyuntingan audio.

Sebagai contoh adalah aplikasi Garage Band, yang dirancang untuk pemula sehingga mudah sekali digunakan. Voice over Mac melalui Garage Band tetap bisa diandalkan untuk mengerjakan program besar. Banyak podcaster dan musisi yang menggunakan Garage Band sebagai editor sebab gratis dan menawarkan penyuntingan tingkat tinggi. Aplikasi ini tersedia juga untuk perangkat berbasis iOS (yang masih buatan dari Apple). Walau tidak sekaya dengan fitur yang ada di versi desktop, aplikasi Garage Band di smartphone tetap bisa digunakan untuk menyunting audio dengan baik.

Yang kedua yakni aplikasi DaVinci Resolve 12 Studio. Aplikasi ini memadukan penyuntingan profesional dan koreksi warna tingkat lanjut sehingga kalian bisa mengedit dan menilai semuanya hanya dalam satu aplikasi ini. Dengan lebih dari 80 fitur baru, kalian memperoleh seperangkat alat yang dapat dipakai untuk menyunting, membuat transisi, animasi, membuat contoh audio yang akurat dan sederhana hingga memadukan audio dan mendukung untuk plugin VST dan Audio Unit.  Bagi podcaster atau voice over atau pengisi suara atau dubber talent, kalian bisa menggunakan fitur Rich Text dengan kendali pengetikan profesional untuk menghindari kesalahan pengetikan. Tentunya fitur ini akan sangat bermanfaat jika dalam video dengan suara kalian nantinya menyediakan teks di bawah layar untuk memudahkan pendengar atau penonton video tersebut.

Aplikasi kedua ini termasuk level profesional, berbeda dengan yang pertama. Untuk mengunduhnya, kalian bisa terlebih dahulu mampir ke Apple App Store, lalu mulailah menyunting seperti yang dilakukan oleh editor di Hollywood.