Definisi Pembawa Acara Podcast atau Podcaster

Membicarakan tentang pembawa acara podcast tak bisa dilepaskan dengan apa itu pengertian podcast sendiri. Layaknya kata dalam bahasa Inggris lainnya, tambahan er pada belakang podcast merujuk pada orang yang melakukannya.

Kamus Merriam Webster telah mencatat podcast ke dalam salah satu kata yang telah diterima secara umum. Dalam kamus ini disebutkan bahwa podcast berarti “sebuah program (seperti musik atau perbincangan) yang tersedia dalam format digital atau secara otomatis diunggah ke internet. Kamus ini menyebut podcaster sebagai kata benda dari podcast itu sendiri.

Dalam kamus Oxford, podcaster definition juga tidak disebutkan secara terpisah. Ia hanya disebut sebagai kata benda dari podcast. Akan tetapi, kamus ini menyertakan beberapa contoh kalimat yang menyebut pemakaian langsung dari podcaster. Kamus ini menyejajarkan pembawa acara podcast dengan profesi kekinian lainnya, seperti blogger dan online publisher.

foto freelance

Dari contoh pemakaian tersebut, kita lebih gampang dalam menjabarkan definisi pembawa acara podcast dalam kehidupan nyata. Pembawa acara podcast secara singkat dapat dipahami sebagai orang yang membuat konten untuk disiarkan secara online. Bahasa singkatnya, kreator untuk produksi podcast. Dalam hal ini, pembawa acara podcast sejajar dengan blogger dan vlogger. Sementara blogger membuat konten dalam bentuk tulisan dan vlogger menciptakan konten berupa video, pembawa acara podcast pada intinya melakukan hal yang sama tetapi berupa audio.

 

Menjadi pembawa acara podcast dapat menjadi wadah menyalurkan hobi bagi kalian yang suka cuap-cuap dengan konten yang tentu saja tidak asal-asalan. Sementara dahulu menjadi penyiar radio membutuhkan pengetahuan penyiaran mendasar, menjadi pembawa acara podcast tidak harus demikian. Hal ini disebabkan menjadi pembawa acara podcast lebih ke bersifat hobi. Jika ingin mendalami sebagai pembawa acara podcast profesional lebih baik mempelajari teorinya secara mendalam lagi.

foto mangaka naruto

Dalam membuat konten produksi podcast yang bagus tidaklah gampang. Dibutuhkan tema menarik, alur yang runut dan cara penyampaian menarik agar audiens betah mendengarkan hingga habis. Menarik minat pendengar menyimak audio hingga puluhan menit bukan hal yang mudah, loh. Pembawa acara podcast pun mempunyai tugas menantang agar audiens tak beranjak berpindah kanal atau malah mematikan kanal podcast kalian. Secanggih teknologi apa pun, tidak ada yang bisa membuat audiens bertahan selain konten bagus dan gaya berbicara yang asyik.