Panduan Sederhana bagi yang Ingin Memproduksi Podcast

Kalian tertarik menekuni dunia podcast? Jika keinginan tersebut terlintas dalam benak kalian, artikel ini akan memuat beberapa hal yang bisa diterapkan agar hobi kalian ini bisa menyenangkan untuk dilakoni.

Pertama-tama, tentukan terlebih dahulu tema yang ingin kalian angkat secara umum. Ada dua pilihan utama dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yang pertama yakni mengikuti apa saja yang sedang hangat dibicarakan publik. Topik pun bisa berbeda-beda dalam tiap episode.

Contoh, untuk saat ini pemilihan presiden menjadi hal yang paling ramai menuai komentar. Keunggulannya adalah kalian tidak perlu pusing menentukan tema sendiri sebab secara garis besar topik sudah ada. Tantangannya kalian mesti pintar mencari sudut pandang dan cara penyampaian agar podcast kalian dapat memberi warna yang sudah dibicarakan oleh banyak podcaster lainnya.

Jika podcast kalian lebih fokus pada tema spesifik, tantangan yang kalian hadapi yakni kemampuan kalian dalam menggali isu baru tiap kali siaran. Kelebihannya kalian dapat mempunyai audiens yang setia sebab mereka menaruh perhatian yang sama pula di bidang itu. Yang kalian butuhkan adalah konsistensi di topik yang sama dengan terus memperbaiki mutu konten.

Usai mantap menentukan jenis podcast berdasarkan tema, langkah berikutnya membuat naskah, baik berupa ringkasan pokok saja atau secara keseluruhan. Naskah yang baik dapat memandu agar podcast kalian enak didengar dari awal hingga akhir tanpa keluar dari jalur fokus tema per episodenya.

Saat melakukan podcast, jangan ragu untuk memasukkan guyon atau cerita sisipan untuk menyegarkan konten, terutama jika konten memang panjang. Jika perlu, posisikan diri sebagai pendengar, apakah mereka bosan atau tidak jika mendengarkan konten dengan durasi yang kalian tentukan sebelumnya.

Berikutnya, sebelum mengunggahnya ke akun media sosial kalian, cek kembali konten dan editlah seperlunya. Masukkan backsound jika perlu lagu khas yang selalu ada di setiap episode. Hapus suara yang dirasa mengurangi kualitas keseluruhan hasil rekaman.

Dalam setiap kali unggahan, tidak ada salahnya meminta saran atau kritik dari audiens. Dari sanalah kalian bisa memperoleh masukan untuk konten podcast berikutnya yang lebih baik lagi. Selamat memulai!