Tiga Pantangan Sebelum Ikuti Audisi Voice Over

Mempunyai jadwal voice over auditions atau audisi pengisian suara dalam waktu dekat? Tentu kesempatan ini tidak akan kalian sia-siakan. Terutama jika audisi tersebut terkait project yang sudah kalian nantikan. Bukan hanya terpampang bayaran yang dijanjikan, melengkapi portofolio kalian nantinya menjadi alasan mengapa audisi pengisian suara terasa penting.

 

Selain membekali diri dengan penguasaan naskah, pelatihan vokal yang tepat, ada setidaknya tiga pantangan loh sebelum voice over atau pengisi suara atau dubber auditions. Cek yuk di bawah ini:

 

  1. Kurang istirahat

Sebelum voice over auditions, usahakan kalian beristirahat yang cukup. Percuma telah membekali diri dengan praktek tetapi kurang beristirahat. Kurang tidur membuat fokus berkurang, kepala pusing hingga badan terasa kurang sehat. Walhasil, saat hari audisi malah tidak bisa memberikan rekaman suara yang maksimal. Sebab apalah arti penguasaan materi yang bagus jika tidak mampu berkonsentrasi untuk menuangkannya ke dalam rekaman yang optimal.

  1. Berlatih berlebihan

Berlatih secara berlebihan malah menciptakan bumerang. Bukannya makin siap, voice over talent malah justru merasa terbebani dan cemas. Jika dibiarkan, yang ada mereka malah tidak percaya diri sebab selalu merasa ada yang kurang dari persiapan menyongsong voice over atau pengisi suara atau dubber auditions tersebut. Maka, berlatihlah dengan porsi yang pas untuk aneka aspek yang dibutuhkan. Sebagai contoh, melatih pernafasan, vokal, narasi dan yang terakhir adalah ekspresi jika memang dibutuhkan. Tidak perlu pula berlatih sepanjang hari. Buatlah jadwal, dan jika perlu mengundang ahli.

  1. Mengkonsumsi makanan berminyak

Dalam voice over auditions nanti kalian memang belum tentu diminta untuk menyanyi. Meski demikian, tidak ada salahnya bila kalian menghindari hal-hal kecil melalui makanan dan minuman yang sudah diketahui luas memberi dampak negatif terhadap pita suara. Contohnya, mengonsumsi makanan berminyak, meminum minuman dingin hingga makan makanan terlalu pedas. Kesemuanya dapat meningkatkan atau menurunkan suhu dalam tenggorokan yang kemudian menurunkan fungsi pita suara.

Demikian tiga hal yang patut dihindari sebelum mengikuti voice over auditions. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian sebelum terjun mengikuti audisi.