Pentingnya Mengerti Jenis Vokal yang Dimiliki

Kenali dulu bakatmu sebelum terjun ke dunia profesional sebagai voice over talent. Kira-kira begitulah maksud dari artikel ini. Mengetahui jenis vokal bermanfaat bagi siapa saja yang ingin terjun menjadi seorang voice over talent. Sebab dengan memahami keunggulan diri sendiri, seorang voice over talent bakal bisa lebih percaya diri bersaing dengan yang lain pada bidang tertentu.

Ada yang dapat mudah mengetahui jenis vokal dan ada pula yang masih bingung. Jika kalian masuk ke kategori kedua, kalian dapat menanyakan ke pelatih vokalĀ tempat kalian belajar untuk memberikan pendapat. Kalian dapat pula mencoba berdiskusi dengan rekan sesama profesi atau yang lebih senior dalam komunitas voice over, dubber dan lipsing.

Ada beberapa jenis vokal yang dapat kalian jadikan panduan. Sebagai contoh, ada tipe suara mid range yang dapat digunakan untuk mengisi banyak ragam pekerjaan. Mulai dari yang tipikal datar, seperti mengisi suara presentasi korporat hingga menyampaikan iklan komersial. Namun tipe suara ini membutuhkan banyak latihan agar bisa mengisiĀ trailer film atau keperluan film dimana mewajibkan voice over talent menggunakan suara yang berat.

Tak jarang, ada juga jenis suara orang dewasa yang dapat mengisi kebutuhan suara untuk beberapa karakter sekaligus dalam film. Mulai dari tokoh anak, pelawak hingga orang serius.

Jika memahami keunggulan dalam hal ini, seorang voice over talent akan mempunyai jalur yang tepat untuk melatih suaranya dan menjadikannya poin lebih yang membuatnya beda dari yang lain.

Selanjutnya, ia bisa menjadi semacam spesialis untuk beberapa project tertentu. Walau kemungkinan pada awalnya susah mencari klien untuk project yang benar-benar menjadi spesialisasinya, tetaplah menekuninya. Karena pada akhirnya akan ada calon klien yang akan mencari voice over talent yang tepat seiring dengan ragam project ke depan. Cairnya industri kreatif membuka jalan bagi terciptanya project beraneka warna yang tidak terduga sebelumnya, peluang bagus bagi voice over talent yang sudah merintis spesialisasi tergantung pada jenis suaranya.