Mark Hamill dalam Video Game Batman the Series

Buat kamu yang senang bermain game, pasti kamu terbiasa mendengar audio yang menjadi latar belakang game yang sedang dimainkan. Audio tersebut dapat berupa dialog karakter game atau suara narator. Setiap game memiliki karakteristik yang khas, sehingga ketika kamu memainkan lebih dari satu jenis game, kamu dapat melihat perbedaan di antara game-game tersebut.

Menurutmu, seberapa pentingkah eksistensi pengisi suara dalam game?

Di era modern gaming seperti sekarang, banyak gamer yang lebih kritis dan selektif dalam memilih game. Kebanyakan dari mereka akan menilai gameplay dan juga audio dari sebuah game. Hadirnya pengisi suara dalam game, selain untuk membujuga membantu para gamer merasakan realitas di balik gameplay yang dimainkan.

Kesan realis dalam sebuah game akan membuat gamer lebih menikmati permainan. Salah satu upaya menghadirkan konsep realisme tersebut yaitu melalui karakter suara yang diciptakan, sehingga gamer merasa terlibat secara langsung dalam game tersebut. Tak sedikit gamer yang menilai sebuah game itu buruk karena rendahnya kualitas pengisi suara.

Bayangkan bila sebuah game tidak memiliki pengisi suara di dalamnya. Tentunya suasana game menjadi abstrak bagi pemain dan bermain secara sunyi tidak akan menyenangkan bagi siapapun.

Di antara sederet nama-nama yang berhasil membangun ciri khas karakter sebuah game, salah satunya yaitu Mark Hamill dalam video game Batman the Series. Seri pertama video game Batman rilis per tahun 1986, sementara Mark Hamill telah memulai karir pertamanya sebagai aktor pengisi suara pada 1977 dalam film Wizard. Setelah mengambil peran dalam film Star Wars di tahun yang sama, Mark Hamill lalu memiliki banyak jam rekam untuk serial video game Batman. Karir pertamanya untuk video game Batman dimulai pada 2001 melalui game Batman: Vengeance.

Berikut video game seri Batman yang diisi oleh Mark Hamill:

 

  • Batman: Vengeance sebagai Joker dan Dr. Isaac Evers
  • Batman: Arkham Asylum
  • Marvel Superhero Squad: The Infinity Gauntlet
  • Batman: Arkham City
  • Marvel Superhero Squad: Comic Combat
  • Batman: Arkham Knight
  • Batman: Arkham VR

 

Mark Hamill dikenal mampu membangun 348 karakter melalui 62 tipe suara yang berhasil diciptakannya. Dengan kemampuannya tersebut, Mark Hamill mampu mempertahankan eksistensinya dalam dunia pengisi suara, salah satunya dalam video game.