Penyebab Suara Voice Over Talent Terdengar Bindeng

Suara merupakan aset utama dalam profesi voice over. Seorang voice over talent harus memperhatikan kesehatan dan perubahan suara yang terjadi pada dirinya. Tanpa disadari terkadang suara mengalam perubahan dengan sendirinya pada saat mengalami sakit flu misalnya. Biasanya suara akan berhubah dan terdengar bindeng. Lalu mengapa suara bisa terdengar bindeng? Apa penyebab suara bisa terdengar bindeng? Mari kita simak!

Suara merupakan hasil getara pada pita suara dan dipengaruhi oleh resonansi udara melalui saluran pernapasan. Resonansi suara diregulasi pada area kepala dan secara khusus terletak di rongga hidung dan rongga sinus. Ketika mengalami gangguan pada system di telinga – hidung – tenggorokan, misalnya saja sinusitis yaitu peradangan rongga sinus pada tengkorak) atau rhinitis yaitu peradangan yang terjadi pada rongga hidung (alergi), maka resonasi dan aliran udara pun akan memiliki pengaruh akibar dari pembengkakan dinding dalam saluran pernapasan, sehingga suara yang dihasilkan pun akan terdengar bindeng.

 

Suara bindeng atau kata lainnya adalah sangau dan dalam bahasa kedokterannya disebut dengan hyporhinolalia merupakan suara yang biasanya disebabkan karena penyakit flu atau pilek. Akan tetapi, suara bindeng tidak hanya terjadi saat seseorang terserang penyakit flu atau pilek,  juga disebabkan karena adanya sesuatu yang menghambat pada rongga hidung serta tenggorokan dan memiliki imbas ke suara.

 

Penyebab atau gangguan lain yang bisa menyebabkan suara menjadi bindeng antara lain: rhinitis non alergi yang biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, polip hidung (tumor yang jinak), deviasi nasal septum, hidung yang kemasukan benda asing atau dengan kata lainnya corpus alienum, tumor lain yang ada di sekitar rongga hidung, dan sebagainya.  Hal yang harus diingat adalah suara bindeng merupakan bagian dari awal penyakit yang utama dan harus mencari penyebabnya, sehingga pengobatan yang diberikan pun bisa lebih optimal.

 

Pekerjaan sebagai voice over talent menuntut suara agar selalu fit dan mampu untuk terdengar baik. Suara bindeng tentu akan mengganggu voice over talent dalam beraktifasnya, terutama saat mengerjakan sebuah project. Jika demikian, alangkah baiknya jika voice over talent segera memeriksakan ke dokter dan mencari tau penyebab pasti suara yang terdengar bindeng tersebut, sehingga bisa untuk mendapatkan penanganan yang lebih optimal dan tidak lagi mengganggu pekerjaannya sebagai voice over talent.