Perbedaan Voiceover Talent Profesional dengan Pemula

Dalam dunia pengisi suara, perbedaan aktor pemula dengan profesional tidak terbatas hanya pada kualitas suara ataupun kemampuan pendalaman karakter. Ada hal lainnya yang dapat menunjukkan perbedaan antara pengisi suara pemula dengan profesional. Pada artikel ini, Indovoiceover akan mengulas perbedaan di antara kedua tipe aktor tersebut.

  1. Daya olah suara

Seperti yang telah disebutkan di atas, antara pengisi suara pemula dengan profesional tentunya akan menunjukkan kualitas akting yang berbeda. Mungkin pengisi suara pemula telah memiliki bekal suara yang sangat bagus, namun seorang pengisi suara profesional telah melewati banyak waktu untuk melatih karakter suara serta meningkatkan kualitas akting di setiap sesi rekamannya.

  1. Daya investasi

Seorang pengisi suara pemula mungkin belum mampu untuk berinvestasi sebanyak yang dilakukan oleh pengisi suara profesional. Seorang pengisi suara pemula membutuhkan waktu untuk meningkatkan performa kerjanya sehingga mampu untuk menyediakan item pendukung rekaman secara lebih banyak.

  1. Relasi

Seiring dengan perjalanan karir di bidang pengisi suara, seorang pemula dengan profesional akan menunjukkan jumlah jejaring yang berbeda. Peningkatan relasi akan terbangun ketika pengisi suara sudah mulai malang-melintang. Namun kini, dengan kecepatan teknologi informasi, pengisi suara pemula pun dapat membangun relasi secara cepat, tergantung pada kemampuan intrapersonalnya.

  1. Manajemen bisnis

Menjalani bisnis sebagai pengisi suara membutuhkan perjalanan bertahap untukĀ  dapat mencapai kemapanan. Seorang pengisi suara profesional telah mempelajari seluk-beluk dunia pengisi suara hingga memiliki kemampuan manajemen bisnis yang bila dibandingkan dengan seorang pengisi suara pemula tentunya lebih matang dan terencana.

  1. Pengalaman

Waktu menjadi komponen utama yang menjadi bagian dari profesi pengisi suara. Selain untuk dapat memberikan peningkatan kualitas dan performa, waktu juga akan membekali pengalaman yang memperkaya referensi pengisi suara. Pengalaman pengisi suara pemula dengan pengisi suara profesional tentunya akan berbeda. Pengalaman ini akan menjadi acuan baik dalam meningkatkan kualitas ataupun dalam mempromosikan produk.

  1. Mobilitas tinggi

Seorang pengisi suara profesional, mereka akan memberikan respon yang baik ketika mendapat proyek, terlepas dari banyaknya pekerjaan ataupun lamanya waktu yang dibutuhkan. Di samping itu, pengalaman mereka akan mendukung performa mereka sehingga dapat memenuhi kebutuhan yang dibutuhkan klien, Berbeda dengan pengisi suara yang pemula, mereka cenderung akan mengambil lebih banyak pertimbangan ketika mendapat proyek yang terasa lebih berat untuk mereka.