Podcast Equipments: Apa Saja yang Diperlukan?

Ingin membuat podcast? Anda tidak dapat memulai podcast tanpa peralatan, dan peralatan yang baik akan sangat membantu. Berikut beberapa peralatan yang dapat Anda siapkan sebelum memulai podcast Anda sendiri. Artikel kali ini dilengkapi gambar rekomendasi untuk alat-alat terbaik yang bisa Anda pakai.

Mikrofon

Fungsi setiap mikrofon mungkin akan sama, untuk merekam suara dalam podcast Anda, tetapi biasanya ada beberapa pendengar yang jeli dan dapat mengetahui perbedaan antara mikrofon berkualitas rendah dan tinggi.

Anda juga perlu memutuskan apakah akan menggunakan mikrofon USB atau analog (XLR). Mikorofon USB mengkonversi suara analog menjadi digital sehingga Anda dapat menyambungkan mikrofon USB langsung ke komputer mana pun dan mulai merekam tanpa banyak kerumitan, sedangkan Mikrofon analog menggunakan konektor XLR, yang berarti Anda memerlukan perangkat lain untuk mengkonversi audio ke komputer Anda. Karena tidak memerlukan perangkat tambahan, mikrofon USB tentu memiliki harga yang relatif lebih murah daripada mikrofon analog, tetapi Anda berpotensi memiliki kualitas audio yang lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan mikrofon analog. Ada harga ada kualitas.

Jika Anda tidak yakin apa yang harus dicari, mungkin daftar lima mikrofon terbaik yang telah kami buat dalam infografik berikut dapat membantu

 

 

Perekam XLR Portabel (opsional)

Jika Anda berencana menggunakan mikrofon analog untuk podcast Anda, Anda memerlukan alat untuk menangkap audio analog Anda dan mengonversinya menjadi digital. Perekam XLR portabel dapat menangkap suara beberapa saluran mikrofon dan memungkinkan Anda melakukan penyesuaian volume suara dan mematikan dengan cepat. File audio secara otomatis dapat diatur dan disimpan di kartu memori yang dapat Anda masukkan ke pembaca kartu atau slot di komputer Anda.

Audio Interface (opsional)

Jika Anda ingin merekam langsung ke komputer Anda dengan mikrofon analog, Anda memerlukan audio interface. Perangkat ini memungkinkan Anda memasukkan satu atau lebih mikrofon analog dan berfungsi untuk mengkonversi audio analog menjadi digital. Sebagian besar perangkat ini dapat terhubung ke komputer melalui USB atau Firewire.

Harga audio interface sangat variatif, dapat tergantung pada apa yang Anda butuhkan. Infografik di bawah mungkin dapar membantu Anda untuk memutuskan pilihan yang teapt dan sesuai dengan budget.

 

Komputer

Komputer Windows atau Mac apa saja yang berfungsi baik untuk merekam, mengedit, dan mengunggah podcast Anda. Untungnya, mengedit audio tidak membutuhkan banyak daya komputasi. Selain itu, tergantung pada bagaimana Anda memilih untuk merekam — langsung ke komputer atau ke perangkat perekaman khusus — komputer Anda juga akan memerlukan port yang tepat. Mikrofon USB, misalnya, jelas membutuhkan port USB terbuka. Jika Anda menggunakan mikrofon analog dengan perekam XLR portabel atau perangkat audio interface, Anda memerlukan jack audio-in 3,5 mm, port USB, atau dalam beberapa kasus, port Firewire. Jadi sebelum Anda menghabiskan uang untuk peralatan, pastikan Anda memiliki komputer yang dapat mendukungnya.

Digital Audio Workstation (DAW)

Untuk perekaman dan pengeditan yang baik, Anda memerlukan Digital Audio Workstation (atau DAW), ada banyak opsi bagus untuk DAW, tetapi lisensi untuk DAW biasanya menghabiskan biaya yang cukup besar. Lisensi untuk DAW tingkat profesional seperti Reason atau Pro Tools dapat berharga antara $300 hingga $900. Ada juga Adobe Audition dengan biaya langganan bulanan seharga $20.

Tetapi Anda mungkin tidak perlu mulai membuang uang untuk podcasting jika Anda baru memulai. Karena itu, kebanyakan orang akan merekomendasikan software gratis seperti Audacity sebagai permulaan, atau software di infografik berikut bisa dijadikan pilihan.

 

Pop Filter (opsional)

Semakin jelas suara audio Anda, semakin baik. Pop filter, meskipun tidak begitu diperlukan, cukup murah dan dapat menghindarkan Anda dari membuat suara tidak perlu di rekaman Anda. Jika Anda tidak ingin membeli, Anda dapat membuatnya sendiri.

 

Anda mungkin berpikir bahwa semua peralatan ini cukup mahal. Namun perlu diingat bahwa peralatan audio yang baik akan bertahan selamanya jika Anda merawatnya. Mungkin mahal untuk memulai, tetapi setelah pembelian awal, Anda telah menetapkan standar dan tentu saja kualitas Anda.