Podcast & Kemampuan Mendengarkan

Aspek Mendengarkan atau Listening Skill termasuk salah satu dari empat keahlian dasar untuk menguasai Bahasa Inggris. Selain aspek ini, ada elemen Membaca, Menulis, dan Berbicara atau dalam bahasa kerennya Reading, Writing, dan Speaking Skills yang membentuk kemahiran seseorang dalam Bahasa Inggris.

Salah satu cara sederhana yang efektif dalam membantu kalian menguasai keahlian Mendengarkan adalah dengan sering-sering mendengarkan percakapan atau narasi dalam Bahasa Inggris. Hal ini sangat penting, terutama mengingat sebagian besar dari kita mungkin tidak sehari-hari berbicara atau mendengarkan langsung kalimat dalam Bahasa Inggris dari orang dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa ibunya. Entah sekadar membiasakan diri dengan percakapan Bahasa Inggris atau untuk mengejar skor TOEFL atau IELTS, rajin mendengarkan podcast di bawah ini akan sangat membantu kalian.

Learn English Podcasts – Free English Listening

Dirilis oleh British Council, tentunya terlintas dalam pikiran kita yaitu konten bermutu tinggi. Dalam podcast untuk belajar Bahasa Inggris ini kalian bisa mendengarkan aneka tema tentang kehidupan di Inggris, mulai dari sepak bola, mobil, makanan dan minuman.

Menariknya, podcast untuk belajar Bahasa Inggris ini dapat membiasakan telinga kalian akan aksen orang asli Inggris yang memang unik. Pemandu podcast ini adalah Tess, Ravi, Adam, dan Rob yang berbicara dengan banyak orang tentang ragam topik dalam kehidupan sehari-hari seperti rencana berakhir pekan, mengadakan jamuan makan malam hingga kota tempat incaran mereka untuk tinggal. Podcast ini cocok bagi kalian yang ingin mendalami Bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari dalam 60 episode dan lebih dari 20 jam untuk didengarkan konten yang ada di dalamnya.

Learn English Magazine

Podcast untuk belajar Bahasa Inggris yang kedua adalah Learn English Magazine. Telah diunduh lebih dari 332 juta kali sejak tahun 2005, podcast ini layak untuk dicoba. Dikembangkan oleh dua mantan professor sebuah universitas dalam ilmu linguistik terapan, podcast ini merupakan cabang media yang dibuat oleh ESLPOD.com selain membuat podcast mereka juga membuat konten majalah dan video khusus konten.