Fungsi Pop Filter yang Sering Diabaikan Voice Over Talent

Sebagai seseorang yang bergerak dibidang suara, merekam suara merupakan suatu kegiatan yang sering dilakukan sehari-harinya. Dalam dunia rekaman, nama pop filter sudah tidak terdengar asing bagi orang-orang yang berkecimpung di dalamnya. Tidak hanya dalam bidang tarik suara, dalam dunia voice over pun alat ini sudah sangat akrab di dengar. Namun, mungkin bagi oang awam, nama pop filter masih sangat terdengar asing di telinga. Apa itu pop filter?

 

Pop filter merupakan alat sederhana yang memiliki fungsi dan peran penting  sebagai filter perlindungan noise untuk microphone dan biasanya digunakan didalam studio rekaman. Bentuk dari pop filter sendiri seperti saringan yang terbuat dari bahan logam yang memiliki rupa mirik dengan pembungkus pada sound system, namun memiliki variasi dengan berbagai macam bentuk.

 

Biasanya pop filter ini diletakkan tepat di depan sebuah microphone yang memiliki kegunaan sebagai penghalang suara berdesis seperti angin dari vocal atau penyanyi atau voice over atau pengisi suara atau dubber talent dan berfungsi untuk menghindari ganguan dari pergerakan membrane microphone yang tidak wajar, sehingga suara desisan pun tidak ikut terekam saat proses rekaman berlangsung. Dengan penggunaan pop filter juga mampu untuk meningkatkan masa pemakaian dari microphone karena air liur yang dikeluarkan oleh manusia yang bersifat korosif. Fungsi lainnya, pop filter mampu memberikan gambaran atau image bagi masyarakat bahwa studio rekaman tersebut merupakan studio rekaman yang professional.

 

Selain itu, pop filter suara recording mampu untuk menghasilkan rekaman suara menjadi semakin jernih dan berkualitas dan sangat cocok untuk seseorang yang berprofesi dibidang suara, seperti voice over talent. Hasil rekaman yang memiliki kualitas yang bagus akan menjadi incaran profesi ini. Dengan begitu pop filter bisa digunakan sebagai alat tambahan agar suara yang dihasilkan pun lebih jernih.

 

Beberapa fitur yang dimiliki oleh pop filter sangat membantu voice over talent dalam menghasilkan hasil rekaman suara yang jelas dan jernih. Selain itu, dengan bantuan alat ini,  suara desis ataupun popping yang disebabkan oleh dampaknya mekanis dari udara yang bergerak dengan cepat pada microphone pun semakin berkurang. Sehingga, alat ini sangat cocok untuk digunakan saat perekaman suara berlangsung.