Tiga Fungsi Alat Perekam Voice Over

Voice over recorder atau yang secara harfiah diterjemahkan sebagai alat untuk merekam voice over merupakan alat yang tentu sudah tak asing lagi bagi podcaster atau voice over talent. Teknologi yang semakin canggih memungkinkan kita mempunyai voice over recorder dengan beragam harga tergantung kualitas yang kita incar. Tentu saja memilih voice over recorder erat kaitannya dengan isi dompet kita.
Lalu, apa saja sih fungsi voice over recorder?

Merekam suara kita
Pastinya, voice over recorder berfungsi merekam suara kita untuk keperluan apa pun. Tak melulu hanya untuk kebutuhan bisnis, seorang voice over talent perlu merekam suara melalui voice over atau pengisi suara atau dubber recorder untuk berlatih. Gunakan voice over recorder untuk mendokumentasikan ragam jenis suara yang bisa dipraktekkan. Beberapa tipe latihan perekaman yang bisa dicoba adalah berlatih untuk buku audio, narasi berita, iklan hingga kebutuhan terkait film.

Bahan evaluasi diri
Voice over recorder sangat penting untuk mengevaluasi talenta diri kita sendiri. Katakanlah, kita membuat rekaman lima tahun yang lalu untuk jenis keperluan yang sama lalu buatlah pada tahun ini. Dengarkan kedua rekaman tersebut untuk mengetahui perkembangan suara kalian dalam lima tahun terakhir. Kemudian, ulangi untuk latihan lainnya. Tirukan salah satu karakter dalam film dalam rentang beberapa tahun lalu bandingkan. Hal ini lebih cocok untuk berlatih sebagai dubber. Mempelajari perkembangan voice over atau pengisi suara atau dubber sendiri dapat memberitahukan kepada kita bagian mana yang masih belum bagus.

foto freelance

Alat untuk menggaet klien
Cara terbaik menunjukkan prakarya unik dari suara kita adalah dengan merangkumnya ke dalam voice over recorder. Konten perekaman bermutu didukung oleh audio bagus berperan penting dalam menghasilkan voice over recorder yang layak jual. Hal ini bisa dipelajari secara khusus melalui sample voice over untuk mengetahui cara penyajian voice over untuk kebutuhan industri.

Voice over recorder sekilas tampak sederhana tetapi di dalamnya mengandung tiga fungsi di atas yang akan sangat membantu seorang voice over talent menyongsong karir gemilang di pasar terkait voice over dan dubbing.