Tips Basic Editing Suara bagi Voice Over Talent

 

Membuat demo untuk dikirim ke klien menjadi hal yang sering dilakukan dalam dunia voice over atau pengisi suara atau dubber . Sebekum dikirimkan kepada klien, seorang voice over talent harus memastikan bahwa rekaman yang dikirimkannya sudah benar-benar baik, sehingga klien yang menerimanya akan beranggapan bahwa voice over talent tersebut telah mempersiapkannya dengan maksimal. Maka dari itu, alangkah baiknya voice over atau pengisi suara atau dubber talent melakukan basic editing suara sebelum demo atau sample suara dikirimkan kepada klien. Apa itu basic editing suara ?

 

Basic editing suara merupakan salah satu cara editing yang paling basic atau sederhana untuk dilakukan oleh voice over talent saat sebelum mengirimkan hasil rekaman kepada klien. Biasanya telinga kita selalu mampu untuk mendeteksi kesalahan yang terjadi pada saat rekaman atau terdapat noise yang mampu mengganggu keindahan dari rekaman tersebut. Oleh sebab itu, basic editing membantu voice over talent dalam melakukan finishing rekaman yang telah dibuat sebelumnya.

 

Mengedit sebuah hasil rekaman diperlukan untuk menghasilkan rekaman suara yang maksimal dan terbebas dari gangguan noise. Cobalah tips berikut ini dalam melakukan basic editing suara.

  1. Potong bagian-bagian noise/jeda antar kata dan kalimat

Biasanya saat voice over talent merekam tidak akan terlalu memperhatikan gangguan-gangguan kecil. Setelah selesai dan didengarkan, barulah terdengar beberapa gangguan yang biasanya terekam saat pengambilan rekaman suara. Seperti halnya suara motor yang cukup mengganggu. Dengan melakukan editing, voice over talent mampu untuk memotong bagian-bagian noise yang cukup mengganggu rekaman tersebut atau bisa dengan memberikan jeda antar kata dan kalimat, sehingga rekaman menjadi lebih enak didengar.

 

  1. Fade in dan Fade Out

Dalam proses editing, ada yang dinamakan dengan fade in dan juga fade out. Pada tombol fade in berfungsi untuk mengatur suara pada bagian awal dari suara yang pelan ke suara yang standar. Dalam istilah voice over, jangan lupa untuk memulai dengan sebuah kalimat pada fungsi fade in ini. Sedangkan, tombol fade out memiliki fungsi untuk mengatur suara dari besar ke suara yang kecil atau lama-lama menghinglang. Untuk istilah voice over sendiri, pada tombol ini jangan lupa untuk menutup kalimat.

  1. Pastikan bahwa fade out tidak mengganggu sustain

Untuk menjadikan hasil rekaman menjadi maksimal dan lebih baik, pastikanlah bahwa fade out yang diberikan tidak mengganggu sustain. Dengan begitu, rekaman yang dibuatpun akan terdengar lebih indah.

 

  1. Pastikan tatanan kalimat setelah dipotong-potong sesuai dengan flow yang enak didengar

Jika rekaman yang terdengar baik, pastinya akan mendapatkan perhatian khusus dan mengundang ketertarikan sendiri bagi para pendengarnya, oleh karena itum pastikan untuk memperhatikan tatanan kalimat yang telah dipotong-potong sebelumnya, apakah sudah enak didengar atau belum.

 

Dengan melakukan basic editing suara, setidaknya voice over talent berusaha untuk memberikan hasil rekaman yang maksimal dan sebaik mungkin untuk dikirimkan kepada klien. Dengan harapan, klien akan mendengarkan rekaman yang cukup memuaskan.