Tips Memilih Mic untuk Voice Over di Dalam Kamar

Voice over talent tidak terlepas dari peralatan yang menunjang performance, terutama ketika ingin melakukan rekaman sebuah sampel suara atau demo. Peralatan yang tepat akan membantu voice over talent menghasilkan rekaman yang maksimal. Suara yang jernih merupakan hasil yang sangat diidamkan oleh setiap voice over talent. Oleh sebab itu, voice over talent perlu untuk mempertimbangkan peralatan yang akan digunakannya untuk melakukan rekaman, seperti halnya microphone.

Microphone merupakan peralatan yang paling mendasar yang harus dimiliki oleh voice over talent saat akan melakukan suatu rekaman. Untuk menghasilkan audio yang berkualitas tinggi, maka diperlukan microphone khusus. Hal ini dikarenakan karakter pengambilan suara dapat menentukan hasil dari perekaman suara itu sendiri. Maka dari itu, pastikan untuk melakukan pilihan dengan benar.

 

Mungkin kita sadar bahwa saat ini tipe microphone ada beragam macamnya. Akan tetapi, biasanya akan ada dua pilihan microphone yang sering dikaitkan ketika kita ingin merekam suara, khususnya bagi voice over talent, di dalam kamar. Plihannya adalah microphone dynamic atau microphone condenser.

 

Jika disuruh memilih diantara microphone dynamic atau microphone condenser untuk merekam suara di dalam kamar, maka pilihlah microphone dynamic. Microphone dynamic merupakan jenis microphone yang tidak begitu sensitif, sehingga tidak terlalu menangkap suara-suara keributan lainnya dan bekerja dengan baik untuk bisa dilakukan di home studio, bahkan di kamar sekalipun. Microphone dynamic sangat cocok dan bagus digunakan untuk mendapatkan rekaman suara dengan karakter Warm. Harganya yang relative murah juga menjadi salah satu keunggulan dari microphone ini.

 

Sedangkan microphone condenser merupakan jenis microphone yang cocok untuk voice over talent yang memiliki budget untuk membangun peredam suara di studio, karena microphone ini memiliki sensitivitas yang sangat tinggi, sehingga jika digunakan di kamar, akan banyak suara-suara atau noise yang tertangkap oleh microphone tersebut dan mengganggu proses perekaman.

Microphone dynamic dan microphone condenser memiliki keunggulannya masing-masing. Hanya saja jika dihadapkan situasi yang diharuskan melakukan rekaman di rumah, maka pilihan menggunakan microphone dynamic sangatlah tepat bagi voice overĀ atau pengisi suara atau dubber. Hal ini dikarenakan sensitivitas yang dimiliki microphone dynamic lebih rendah jika dibandingkan dengan microphone condenser, sehingga suara-suara noise akan lebih kecil terdengar.