Tips memilih Headphone untuk Home Studio Voiceover Kamu

Pada artikel sebelumnya, Indovoiceover telah membuat daftar rekomendasi mikrofon untuk kebutuhan home studio voiceover kamu. Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi dalam memilih headphone. Ini beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan:

 

  • Pilih tipe closed back headphone

 

Bila kamu mencari review antara closed back dan open back, kamu akan mendapatkan informasi bahwa open back headphone secara rata-rata menunjang kualitas suara lebih baik dibandingkan closed back headphone. Akan tetapi, kami lebih merekomendasikan closed back headphone untuk penggunaan di home studiomu dengan pertimbangan bahwa open back headphone memiliki permasalahan kebocoran suara (sound leakage), baik dari dalam headphone itu sendiri atau suara dari luar/lingkungan yang masuk ke headphone dan mengganggu. Sementara itu, closed back headphone tidak memiliki masalah kebocoran suara karena desainnya. Meskipun masih dinilai memiliki kualitas suara di bawah open back headphone, belakangan produk closed back headphone terus meningkatkan kualitasnya. Keunggulan yang dimiliki closed back headphone yaitu efek noise isolation, yang membantu kamu fokus dalam mendengar pada satu suara tanpa terganggu suara dari luar ataupun menimbulkan kebisingan ke luar. Closed back headphone pun rata-rata menghasilkan reproduksi bass yang lebih kuat.

 

  • Pilih tipe headphone studio, jangan yang lain

 

Memilih tipe headphone studio menunjukkan kalau kamu mengenali kebutuhanmu. Untuk penggunaan rekaman dalam home studio, headphone studio tentunya menjadi tipe yang harus kamu pilih.

 

  • Pilih impedansi headphone terendah

 

Impedansi diartikan sebagai hambatan pengganti yang dalam rangkaian arus bolak-balik komponen R dan X berperan sebagai hambatan total. Impedansi menjadi salah satu besaran yang perlu diperhatikan dalam memilih baik speaker, headphone, earphone dan alat- alat elektronik lainnya.

Impedansi menghalangi aliran daya dari receiver atau amplifier sehingga kamu perlu memilih headphone dengan impedansi yang rendah.

Headphone dengan impedansi rendah berkisar antara 75-150 ohm. Tipe ini dapat langsung dipasang pada headphone jack dan termasuk yang banyak dipakai untuk rekaman.

 

Itulah tips yang bisa kamu ikuti saat akan memilih headphone untuk kebutuhan home studio voiceovermu. (Ucu Feni)