Ubah Hobi Bicara Mu Menjadi Karir Profesional

Merasa mempunyai suara yang khas dan selama ini hanya memberikan jasa dubbing ke teman secara cuma-cuma? Sayang jika kalian tidak mencoba menjadikan bakat dubbing menjadi karir mengingat terbukanya peluang jasa ini di industri kreatif nasional.

Menjadikan jasa dubbing sebagai pilihan profesi sudah bukan lagi hal yang baru. Tersedia luasnya internet dengan fenomena media sosial sebagai platform berbisnis bagi banyak orang menjadikan jasa dubbing semakin dicari. Ada beberapa tips yang bisa kalian tempuh baik secara tradisional mau pun kekinian. Yuk disimak apa saja:

  1. Cara tradisional

Menawarkan jasa dubbing bisa kalian lakukan dengan melamar langsung ke perusahaan penyedia jasa dubbing. Bisa pula kalian melamar menjadi penyiar radio atau pengisi suara di stasiun televisi, perusahaan animasi, studio musik dan sejenisnya. Di sini bakat kalian akan terasah, mempunyai komunitas dan mentor yang akan membimbing kalian menjadi tenaga penyedia jasa dubbing yang profesional. Pastinya, jaringan karir pun akan terbuka luas sebab akan mudah bertemu dengan rekan satu profesi atau mereka yang masih berkaitan dengan profesi dubber. Sebagai contoh, kalian bisa bertemu dengan editor hingga aktor asli suatu film atau serial, yang bisa jadi bakal membuka peluang karir lebih luas lagi.

      2. Cara kekinian

Zaman sekarang sudah bukannya lagi melamar tetapi memampang hasil karya jasa dubbing kalian di banyak platform yang mempertemukan pekerja lepas untuk banyak bidang, termasuk dubber, dengan si pencari jasa. Bisa juga kalian mengunggah keahlian alih suara kalian di akun media sosial dan YouTube. Dengan menonjolkan jenis suara dan ragam ekspresi saat melakoni profesi sebagai dubber atau pengisi suara atau voice over, calon klien diharapkan bisa tertarik menggunakan suara kalian. Bagi yang masih baru sama sekali, jangan berkecil hati. Metode kekinian ini juga cocok bagi yang ingin menjajal karir ini. Teruslah berkreasi menghasilkan konten bertemakan dubbing yang ciamik agar feed kalian dilirik banyak orang. Siapa tahu loh dari yang tadinya kurang tertarik malah memilih memakai jasa dubbing kalian usai mengecek rumah akun media sosial kalian.

Dengan semakin variatifnya kebutuhan konten media sosial, jasa dubbing pun semakin dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan kemauan klien. Sudah bukan waktunya hanya menunggu kawan dubbers atau pengisi suara atau dubber. Jemput bola dan jadikan hobi kalian sebagai karir menjanjikan!