Voice Over Bisa Dilakukan Dimana dan Kapan Saja

Di jaman yang sedang berkembang ini, mendapatkan uang dengan berbagai pekerjaan dalam satu waktu untuk membenuhi kebutuhan hidup bukan suatu hal yang baru. Memiliki pekerjaan utama dan juga sampingan disaat ini sepertinya sedang menjadi tren di kalangan masyarakat. Beberapa pekerjaan tidak melulu harus memerlukan tempat khusus, salah satunya adalah voiceĀ  over atau pengisi suara atau dubber talent.

 

Istilah voice over

atau pengisi suara atau dubber tidak hanya milik industri televisi, namun industri penyiaran secara umum bisa disajikan dalam berbagai format. Misalnya saja dalam penggunaannya dalam iklan komersial atau kata lainnya television commercial (TVC) dan dalam iklan layanan masyarakat atau disebut dengn public service announcement (PSA).

 

Modal dari seorang voiceover talent tidaklah susah. Dengan memiliki alat rekam, seperti hal Handphhone + microphone saja, seseorang sudah bisa melatih dirinya menjadi seorang voice overĀ atau pengisi suara atau dubber talent dimana saja, bahkan bisa dilakukan di dalam mobil. Karena pada dasarnya menjadi voiceover talent bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun, dikarenakan pekerjaan ini masih menjadi bagian dari sebuah pekerjaan freelance atau part time, maka fee yang didapatkan seorang voiceover pun tergantung dengan proyek yang dikerjakan.

 

Pekerjaan menjadi voice over talent terbilang susah-susah gampang. Mungkin menjadi hal yang menantang ketika kita harus mendalami karakter yang akan kita perankan, namun menjadi mudah ketika kita hanya perlu untuk membaca naskah dengan intonasi tertentu. Untuk jam kerjanya, biasanya tidak seperti orang kantoran, karena waktu yang efektif kurang lebih 3 jam.

Biasanya seorang voice over talent sering mengikuti audisi online dari perusahaan atau brand yang membutuhkan jasa mereka untuk project yang sedang mereka jalani. Banyak project (terutama Voice Over Character) yang memerlukan contoh suara dari calon voice over talent untuk di dengar oleh client dalam project tersebut. Biasanya client memberikan contoh naskah yang akan dibacakan oleh voice over talent, dan voice over talent akan merekam lalu memberikan rekamannya kepada client. Tidak Ada beberapa alasan yang membuat seorang client memilih sendiri voice over talent yang akan diajak bekerja sama, seperti halnya dari pronunciation (pembacaan bahasa asing), range suara, dan juga yang lainnya.