Voice Over di Era Live Streaming

Kita semua pasti sepakat kalau Internet adalah langkah yang jauh lebih maju dari jaringan televisi, tetapi sekarang dan esok, kita akan menemui kecenderungan yang sama, bahwa berselancar di dalam internet  akan serupa dengan memilih puluhan atau bahkan ratusan dari berbagai saluran video yang berbeda. Terdengar familiar bukan?

Streaming video di internet telah membuat beberapa kemajuan besar selama beberapa tahun terakhir dalam segala hal, mulai dari kualitas video hingga legalitas konten dan akhir-akhir ini ditambah dengan adanya fitur Live Streaming. Jika biasanya setiap video yang Anda tonton di YouTube atau situs-situs lain merupakan konten video yang telah direkam dan diedit sebelumnya (pre recorded),  langkah baru ini akan memungkinkan seseorang untuk memulai streaming video secara real time. Jadi Anda tidak perlu hadir langsung di stadion Anfield apabila ingin merasakan dan menyaksikan suasana pertandingan Liverpool di Liga Inggris atau Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke Empire Polo Club California untuk melihat para penampil menyanyikan lagu kesukaan Anda di Coachella Festival. Internet membuat Anda mampu melakukan semua hal tersebut!

Youtube telah menguji ini dengan acara seperti konser U2, Pidato Barack Obama dan Liga Kriket India, pertanyaannya, bagaimana Voice over atau pengisi suara atau dubber akan bekerja atau ikut andil dalam menyambut era live streaming?

Banyak jaringan televisi yang menyiarkan episode populer dan film mereka secara online. Ada juga klip pendek yang diunggah nyaris di setiap situs web serta kursus online yang juga mulai mengalami lonjakan peminat, seperti juga webcast, webinar dan video chat. Contoh saja Youtube Live, dengan lebih dari 2 miliar penayangan video setiap hari, para penonton sudah pasti akan selalu ada di sana. Bukan tidak mungkin ke depannya akan lebih banyak spot iklan yang bermunculan di video live streaming. Di sinilah peran Voice over atau pengisi suara atau dubber akan sangat dibutuhkan. Seperti TV, suara voice over talent akan dimanfaatkan untuk mempromosikan produk atau bahkan berbagai macam trailer video yang akan melakukan live streaming, meskipun tidak melulu dibutuhkan saat live session berlangsung, setidaknya voice over masih berperan sangat besar dalam industri kreatif dalam media apapun.

Teknologi streaming video hadir di internet setelah melalui proses panjang status buffer pada layar komputer atau smartphone Anda. Tentu saja koneksi internet yang lebih cepat, decoder dan plugin yang sudah disempurnakan serta mesin komputer yang lebih canggih nantinya akan sangat berkontribusi untuk mengembalikan kesenangan streaming video secara online.

Kami tidak akan banyak mengatakan tentang senjakala televisi atau baik buruknya industri ini nantinya. Tetapi Anda dapat melihat bagaimana voice over selalu mendapatkan tempat untuk segala media, meskipun evolusi teknologi tetap berjalan dari waktu ke waktu.