Alat Perekam Suara yang Bisa Jadi Andalan Kalian

Ingin menjadi seorang podcaster tetapi minim gawai? Jangan khawatir. Selalu ada jalan untuk tetap bisa menekuni hobi ini meski kantong cekak untuk membeli mikrofon yang memang harganya belum tentu murah.

Kalian bisa memanfaatkan voice over recorder atau alat perekam pengisian suara yang ada di ponsel cerdas masing-masing. Akan lebih baik jika sebelum membeli ponsel cerdas baru kalian telah memikirkan ingin membeli gawai dengan fitur alat perekam canggih sebab ingin menjadi podcaster. Jadi sebelum membeli, kalian bisa terlebih dahulu meneliti fitur voice over atau pengisi suara atau dubber recorder di beberapa merk ponsel cerdas impian.

Voice over recorder dalam ponsel cerdas rata-rata sudah dapat mengakomodir segala hal keperluan suara. Bunyi yang keluar dari mulut sudah enak didengar asalkan meletakkan voice over recorder pada posisi yang tepat, tidak terlalu jauh dan tidak begitu dekat. Jangan ragu untuk bereksperimen agar mengetahui letak voice over recorder yang pas untuk hasil akhir suara yang mantap didengar tanpa terganggu oleh suara eksternal.

Seperti halnya mikrofon berharga jutaan, voice over recorder sudah kompatibel dengan komputer atau laptop. Dengan demikian, hasil perekaman suara tersebut bisa dipindahkan ke perangkat lain untuk keperluan penyuntingan tingkat lanjut. Sebenarnya menyunting hasil rekaman cukup mengandalkan pula ponsel pintar sebab tersedia banyak aplikasi gratis. Mulai dari menurunkan level suara yang dirasa mengganggu, menaikkan tingkat suara yang perlu hingga menambahkan efek suara bisa diutak-atik melalui aplikasi di ponsel cerdas.

Jadi sebenarnya voice over recorder sudah cukup menunjang kiprah kalian di dunia voice over, dubbing atau lipsing asalkan kreatif dalam mengutak-atik ponsel cerdas. Baru jika memang mulai menekuninya secara profesional, kalian bisa mulai menginvestasikan uang ke mikrofon bagus atau berlangganan aplikasi penyuntingan audio berbayar. Yang terpenting konsistenlah membuat konten voice over atau pengisi suara atau dubber, melakukan improvisasi hingga tekun mempelajari elemen terkait voice over atau pengisi suara atau dubber. Siapa tahu dari hobi yang dijalani secara teliti ini kalian malah bisa melakukannya dengan senang sehingga terbuka jalan ke ranah profesional.