Kiat Membangun Studio Dubbing dan Voice Over

Lama berkecimpung di dunia suara, membuat seseorang memiliki keinginan untuk membangun studio rekamannya sendiri. Tidak terkecuali bagi seorang dubber atau voice over talent yang memiliki keinginan untuk membangun sebuah studionya sendiri. Selain membutuhkan peralatan yang memadai, sebelum membangun sebuah studio dubbing, seseorang harus memiliki beberapa hal yang harus dipastikan kepada dirinya sendiri, seperti :

 

  1. Memiliki Kemauan atau Keinginan yang Keras

work hard vector

Membangun sebuah studio dubbing sendiri bukanlah perkara yang mudah. Seseorang yang sudah berkecimpung dalam dunia dubbing ataupun voice overĀ atau pengisi suara atau dubber pasti mengerti bahwa kemauan yang keras adalah kunci utama dalam mengembangkan segala usaha yang direncanakan. Dengan kemauan yang keras membuat seseorang memperjuangkan segala sesuatunya demi mewujudkan apa yang ia inginkan, seperti halnya dalam membangun studio dubbing sendiri.

 

  1. Memiliki Tekad yang Kuat

Selain memiliki kemauan atau keinginan yang keras, seorang voice over talent atau dubber harus memiliki tekad yang kuat untuk mewujudkan cita-cita membangun studio dubbing sendiri. Sifat yang mudah menyerah harus ditinggalkan, jika ingin memiliki studi dubbing sendiri. Hal ini dikarenakan dengan tekad yang kuat, seseorang akan terus berusahan mencari jalan yang terbaik untuk membangun usaha yang telah dipikirkannya terlebih dahulu.

 

  1. Belajar dari Orang yang Profesional

Tidak ada kata salah untuk belajar. Membangun studio dubbing sendiri membutuhkan pengetahuan yang cukup agar bisa berdiri sendiri. Untuk itu, belajar dari seseorang yang professional atau seseorang yang terlebih dahulu memiliki studio dubbing sendiri menjadi salah satu langkah yang baik, sehingga seorang dubber atau voice over talent bisa untuk meniru atau mengambil pengalaman untuk lebih baik lagi dalam membangun studio dubbingnya sendiri.

 

  1. Bekerja Keras

work hard men vector

Untuk mendapatkan modal dalam membangun studio dubbing tentunya seorang dubber atau voice over talent harus bekerja keras. Hasil jerih payah dan kerja kerasnya dalam setiap project mungkin bisa disisihkan sedikit demi sedikit untuk menyediakan beberapa peralatan yang diperlukan dalam studi dubbing nantinya.

 

Membangun studio dubbing bagi sebagian dubber atau voice over talent adalah salah satu cita-cita yang ingin dicapainya. Tidak serta merta hanya mempersiapkan peralatan dalam studio dubbing, seorang dubber atau voice over talent harus mempersiapkan diri terlebih dahulu untuk membangun dan mencapai cita-cita tersebut. Mulai dari kemauan atau keinginan yang keras hingga harus bekerja dengan keras harus dimiliki oleh voice over talent atau dubber.