Alasan Untuk Memilih Jasa Dubbing yang Tepat

Memilih jasa dubbing bukanlah hal yang bisa dianggap sepele. Meski sepintas “hanya” membawakan suara tokoh tertentu, nyatanya menyajikan karakter spesifik membutuhkan beberapa elemen penting pendukungnya.

Agar tidak salah pilih penyedia jasa dubbing, berikut beberapa hal yang patut menjadi pertimbangan:

  1. Portofolio penyedia jasa dubbing 
Yang pertama ini menjadi elemen tak terhindarkan. Cek project apa saja yang pernah dikerjakan oleh calon penyedia jasa dubbing tersebut. Biasanya semakin banyak project yang dilakukan, sang calon mempunyai jam terang tinggi. Dari rentang panjang project dapat diyakini sang calon termasuk dubber yang profesional dan bisa diandalkan dalam melakukan pekerjaan dubbing.

  1. Memaksimalkan tahap wawancara

Agar tidak terkecoh, jangan hanya bergantung pada portofolio saja. Layaknya proses penerimaan karyawan baru, tak ada salahnya memanggil calon yang bersangkutan agar bisa menggali lebih dalam profesionalismenya. Hal ini terlebih diperlukan untuk project dubbing yang berskala besar. Selain menanyakan portofolio, hal lain yang bisa ditanyakan mencakup seberapa antusias sang calon dengan project yang ditawarkan, jenis suara karakter yang disukai dan lainnya. Dari sinilah bisa dinilai kecocokan sang calon dengan peran suara yang hendak dibawakan.

  1. Tes suara

Yang ketiga ini terpenting. Walau telah mempunyai pengalaman kerja yang panjang, belum tentu ia pas dengan suara karakter yang hendak dibawakan. Tahap ini bisa diserahkan ke pihak agensi atau studio yang ditunjuk sebagai pihak ketiga jadi hanya memperoleh hasil akhirnya saja. Atau, bisa terlibat langsung dengan proses perekaman dubbing. Perlu diketahui di sini bahwa diperlukan intuisi dan pengalaman sebagai penikmat hasil dubbing tersendiri agar bisa memilih yang terbaik dari banyaknya kandidat yang melamar. Jadi jika memilih mengetes suara langsung, alangkah baiknya menambah referensi tentang contoh dubbing yang bagus sebagai pendukung dalam melakukan penilaian.

Demikianlah tiga faktor secara umum yang patut diketahui sebelum memilih penyedia jasa dubbing yang tepat. Sebagai calon klien, kalian tetap perlu membekali diri dengan pengetahuan secukupnya agar dubber atau voice over atau pengisi suara yang terpilih memang bisa mendukung kesuksesan sebuah film atau animasi.