Elemen Dalam Menentukan Harga Voice Over

Voice over rates berarti tarif setiap kali menggunakan jasa seorang voice over talent. Menentukan voice over rates melibatkan beberapa faktor seperti halnya profesi lainnya. Pertama-tama, voice over atau pengisi suara atau dubber rates terkait dengan teknis kemampuan seorang voice over talent. Dalam hal ini, ada perbedaan harga bagi yang masih amatir dengan yang berpengalaman. Pada hampir kebanyakan bidang pekerjaan, pekerja yang masih amatir biasanya berharga lebih rendah dibandingkan dengan yang telah profesional. Cara membedakan antara yang masih baru dan profesional adalah dengan mengetahui portofolio project yang pernah dikerjakan.


Memilih voice over talent profesional dan amatir memberikan konsekuensi tersendiri. Menggunakan jasa voice over talent amatir biasanya lebih murah tetapi ada kemungkinan ada risiko hasil kurang memuaskan atau kinerja yang kurang tepat waktu. Di lain pihak, menggunakan jasa voice over atau pengisi suara atau dubber talent profesional biasanya memang lebih mahal tetapi mutu kemungkinan lebih bagus dengan profesionalisme yang tidak diragukan lagi.

Selain jam terbang, elemen lain dalam menentukan voice over rates adalah apakah anda melamar untuk memakai jasa voice over talent melalui agensi atau langsung ke talenta tersebut. Pada umumnya, melamar via agensi akan berujung pada voice over rates yang lebih mahal sebab mempertimbangkan faktor bagian untuk agensi itu sendiri. Kelebihanya tentu saja jaminan bahwa voice over atau pengisi suara atau dubber talent lebih terpercaya kemampuannya. Sedangkan jika memilih voice over talent secara langsung ke orangnya akan menghadirkan tarif yang lebih murah sebab tidak ada biaya ke agensi yang mesti diperhitungkan.

Aspek lainnya terkait dengan project yang hendak ditawarkan. Semakin besar project, biasanya semakin mahal seorang voice over talent menetapkan harganya. Belum lagi jika talenta tersebut menilai voice over yang akan dilakukan mempersyaratkan mereka melakukan improvisasi lebih. Dalam hal ini, harga akan lebih tinggi lagi.

Demikianlah beberapa faktor penentu tarif seorang voice over talent. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan bagi calon klien sebelum menggaet talenta yang tepat. Pepatah umum yang perlu diingat di sini adalah kualitas voice over talent sejalan dengan harga yang mesti dibayarkan.