Panduan Mengikuti Audisi Voice Over

Mengikuti voice over auditions menjadi salah satu cara yang sudah lama ditempuh untuk menjadi voice over atau pengisi suara atau dubber talent pada project. Selain dapat membuka jalan karir yang lebih besar, terlibat mengisi suara pada project bergengsi membentuk personal branding anda.

Meski tidak semewah audisi sebagai aktris atau aktor untuk film besar, voice over auditions tidak bisa dipandang sepele. Hal ini disebabkan tidak semua film mempunyai aktor atau aktris dengan suara yang pas dengan naskah film. Juga, ada banyak film animasi atau kartun yang membutuhkan dubber atau voice over atau pengisi suara atau dubber talent, bahkan talenta untuk pengisian dialog tertentu.

Maka tak heran untuk beberapa project, entah film, iklan, buku audio hingga narasi berita, beberapa agensi atau studio sengaja membuka audisi. Selain mencari talenta yang tepat, ada yang memang berniat menyegarkan kolam voice over talent yang sudah dipunyai.

Sebab voice over auditions begitu penting maka anda juga tidak boleh asal-asalan dalam mengikutinya. Persiapan dari segala aspek hendaknya dibuat agar voice over atau pengisi suara atau dubber auditions dapat mendaratkan anda pekerjaan atau project yang diincar selama ini.

Beberapa faktor yang patut diperhatikan sebelum mengikuti voice over auditions adalah menentukan terlebih dahulu apakah audisi yang akan anda ikuti bersifat umum atau sudah mengetahui judul project yang akan diambil. Jika umum, anda cukup menyertakan suara terbaik yang anda kuasai. Buatlah narasi yang “nendang”, jangan terlalu aneh tetapi juga jangan terlampau biasa saja. Usahakan narasi yang anda buat bisa didengarkan oleh banyak khalayak, hal ini menunjukkan bahwa suara anda cukup komersil.

Tetapi jika anda hendak melalukan voice over auditions dengan niat project tertentu maka tentu saja sesuaikan naskah dengan project tersebut jika diminta. Tetapi jika dari pihak agensi sudah mempersiapkan naskahnya, pelajarilah baik-baik, kuasai materinya, pelajari intonasi dan tanda baca yang dibutuhkan lalu praktekkan berulang-ulang. Lakukan langkah-langkah sederhana ini sebelum mengikuti audisi secara offline atau online sebagaimana diminta. Jika online, pastikan memakai mikrofon yang tepat agar suara terekam secara berkualitas.