Persiapan Sebelum Menerima Project Berbahasa Asing

Menjadi penyedia jasa voice over atau pengisi suara atau dubber Bahasa Inggris dapat menjadi profesi menjanjikan di tengah makin maraknya industri yang mengarah ke pangsa pasar luar negeri. Mulai dari pengisian suara untuk iklan berbahasa Inggris hingga trailer berbahasa Inggris, peluang terbuka lebar untuk menjadi penyedia jasa voice over Bahasa Inggris.

Tertarik menjadi seorang penyedia jasa voice over Bahasa Inggris? Berikut panduan singkatnya:

  1. Menguasai pengucapan tiap kata dengan benar

Langkah pertama tentu menguasai pengucapan tiap kata dalam bahasa Inggris dengan benar. Hal disebabkan ada beberapa kata dalam Bahasa Inggris dengan kepenulisan dan pengucapan yang mirip tetapi artinya berbeda jauh. Sebagai contoh, eleven (sebelas) dengan elephant (gajah). Contoh lainnya, tree (pohon) dengan three (tiga).

  1. Belajar memahami maksud narasi yang hendak dibawakan

Pelajari secara cermat inti narasi yang akan dibawakan. Misalnya, kalian akan mengisi suara untuk sebuah iklan. Pelajari benar kontennya agar secara perlahan membentuk ekspresi kalian sebagaimana terdengar dari voice over kalian nantinya. Tahap ini berperan penting memaksimalkan hasil rekaman iklan tersebut.

  1. Memaknai secara tepat penggunaan tanda baca

Mungkin terdengar sepele, tetapi menguasai penggunaan tanda baca memainkan fungsi tak kalah krusialnya. Hal ini terutama diperlukan jika kalian mengisi suara dalam Bahasa Inggris untuk film yang menawarkan banyak tokoh. Tanda baca, seperti titik, titik koma hingga koma, mempunyai fungsi berbeda-beda. Dalam dialog, tanda baca tersebut patut mendapat perhatian ekstra. Salah menerapkannya dapat berakibat pemahaman akhir dialog dalam iklan atau trailer film kurang pas bagi telinga audiens.

Demikian tips singkat sebelum kalian menetapkan niat menjadi penyedia jasa voice over atau pengisi suara atau dubber Bahasa Inggris. Panduan besar tersebut bisa kalian pecah sendiri sesuai kebutuhan per project. Tiap project akan menawarkan narasi yang berbeda-beda. Setelah terjun ke sektor ini, tak ada salahnya terus mempelajari dan memperbaiki tiga hal di atas agar kualitas voice over atau pengisi suara atau dubber dalam Bahasa Inggris tetap terjaga. Jangan sampai lalai belajar justru menurunkan mutu pengisian suara ke klien kalian nantinya.