Persiapan Sebelum Mengadakan Workshop Voice Over

Pesatnya industri kreatif berimbas pada banyaknya lapangan kerja berbasis voice over atau pengisi suara atau dubber. Efek positifnya adalah jumlah voice over talent yang semakin ingin mengasah ketrampilan melalui voice over training atau pelatihan pengisian suara.

Banyaknya permintaan voice over training dapat membuka peluang bisnis tersendiri. Walau bukan proses yang sederhana, voice over training jika berhasil akan mendatangkan reputasi tersendiri bagi penyelenggaranya.

Dalam melaksanakan pelatihan ini, persiapkan dulu tiga hal penting di bawah ini:

  1. Tentukan topik pelatihan

Ada beragam tema menarik dalam voice over atau pengisi suara atau dubber, mulai dari teknik vokal, melatih ekspresi wajah dalam mengisi dialog dalam film hingga bagaimana mengisi iklan korporat. Pilihlah salah satu yang dianggap penting atau paling dibutuhkan oleh target peserta. Bisa dibuat survei terlebih dahulu ke komunitas voice over talent agar tema memang tepat sasaran ke pesertanya nanti.

  1. Menentukan anggaran

Buatlah anggaran terperinci yang dibutuhkan dengan sebelumnya membuat rangkaian acara dalam pelatihan tersebut. Perincilah detil tiap sesi berikut dana yang dibutuhkan. Harga sewa gedung atau ruangan untuk pelatihan, biaya konsumsi, harga sewa untuk petugas saat pelatihan hingga biaya promosi wajib menjadi elemen perhitungan. Kemudian, carilah sumber pendanaan untuk menutupi kebutuhan dana tersebut. Usahakan mendapatkan sumber lain selain pemasukan tiket dari peserta nantinya. Bergerilya mencari sponsor bisa menjadi pilihan sumber menutupi anggaran yang telah direncanakan. Bagian kedua ini membutuhkan survei dan diskusi yang lebih lama dibandingkan poin pertama, bisa dibilang terpenting dari semuanya. Sehingga, matangkanlah ini terlebih dahulu.

  1. Menentukan pemateri

Memutuskan siapa yang menjadi pengisi materi tak kalah pentingnya. Carilah pemateri yang memang ahli di bidang voice over atau pengisi suara atau dubber lalu sesuaikan dengan anggaran untuk pemateri tersebut. Beberapa masalah yang kemungkinan muncul dalam poin ini adalah ketidaksesuaian harga atau jadwal. Jadi sekaligus persiapkan solusi jika memang menghadapi masalah-masalah tersebut.

Voice over training membutuhkan tim yang solid yang bisa bekerja secara efektif sesuai tugasnya masing-masing. Kekompakan kerjasama tim inilah yang menjadi kunci mengatasi hambatan saat perencanaan dan pelaksanaan pelatihan ini nantinya.