Voice Over Talent Merupakan Pekerjaan Lintas Usia

Suara merupakan titipan Tuhan yang seperti halnya anggota badan yang lain, akan berubah seiring dengan berjalannya waktu. Perubahan suara sudah terjadi dari masa anak-anak ke remaja pada anak lelaki. Meski kita tetap bisa menjaga kualitas suara, ada faktor alamiah suara yang tidak bisa kita kendalikan, yakni perubahan suara itu sendiri. Tak mengherankan jika ada yang khawatir bagaimana dengan peluang kerja bidang pengisian suara atau voice over atau pengisi suara atau dubber jobs ketika usia mulai menua.

Voice over jobs, seperti halnya peluang kerja pada sektor industri kreatif lainnya, senantiasa berkembang. Akan selalu ada peluang untuk tiap suara pada tingkatan umur. Industri kreatif yang begitu dinamis mengikuti tren konsumen memberikan peluang besar bagi para voice over talent. Sebagai contoh, saat usia muda project pengisian suara yang paling banyak mampir terkait pengisian iklan komersial dengan segmen konsumen kaum milenial.

Meski pasar saat ini banyak menargetkan kaum milenial, bukan berarti hanya produk dan jasa untuk segmen ini saja yang bergerak. Banyak pula produk dan jasa untuk segmen konsumen di atas 30 tahun yang tentunya lebih cocok terpapar dengan pengisian suara dengan umur yang sama pula.

Belum lagi, dalam film terdapat banyak karakter dengan rentang umur. Tidak semua tokoh utama berumur muda. Banyak film dengan karakter 30an tahun yang tetap laris di pasaran. Di sinilah voice over atau pengisi suara atau dubber jobs bisa berupa pengisian suara trailer film dengan talenta berusia 30an tahun pula atau bahkan lebih tua dari itu.

Pengisian suara untuk kebutuhan korporat, presentasi hingga buku audio termasuk yang tidak banyak berubah dalam hal kebutuhan voice over atau pengisi suara atau dubber talent berdasarkan umur mereka. Meski kondisi suara menurut umur menjadi hal penting, menjaga kualitas dan profesionalisme tidak kalah pentingnya. Dua hal tersebut yang meninggalkan kesan positif bagi klien sebelumnya yang kemungkinan akan terus menggunakan jasa voice over talent tersebut meski usia sudah menua. Jadi, jangan lupa memberikan layanan maksimal untuk kemungkinan kerjasama di masa mendatang.