Aplikasi di iOS Untuk Meningkatkan Kerja Voice Over Kalian

Sebagai raksasa teknologi, Apple Inc membekali produknya dengan rangkaian fitur eksklusif untuk beragam kebutuhan pengguna. Istilah voice over iOS merujuk pada fitur untuk mendukung kegiatan voice over atau pengisi suara atau dubber yang nantinya dapat disunting menjadi hasil akhir yang maksimal dengan memanfaatkan sistem operasional berbasis iOS.

Sistem iOS dapat ditemukan pada banyak jenis produk keluaran Apple, seperti iPhone dan iPad. Kalian yang menggunakan gawai tersebut pasti sudah akrab dengan beberapa aplikasi yang tergabung dalam voice over atau pengisi suara atau dubber iOS ini. Tetapi bagi yang belum tahu, artikel ini akan membahas beberapa di antaranya.

Yang pertama adalah aplikasi Voice Recorder & Audio Editor. Aplikasi ini mendapat peringkat 4,7 dari lima bintang yang artinya memperoleh tanggapan positif dari penggunanya. Kalian bisa merekam suara apa pun selama kapasitas memori mencukupi. Aplikasi ini gratis dan menyediakan fitur untuk memperbaiki hasil rekaman suara dan memulai kembali transkip.

Aplikasi berikutnya bernama TwistedWave Audio Editor. Aplikasi kedua ini tidak gratis. Tetapi dengan harga US$9,99 atau sekitar Rp140 ribu kalian akan mendapatkan layanan memukau. Hal ini sebagaimana ditulis oleh backstage.com bahwa aplikasi ini mendapatkan peringkat tinggi yang tetap mudah digunakan oleh pemakainya. Aplikasi ini menyediakan efek penyuntingan, seperti mensenyapkan suara, menggeser nada, menyimpan contoh dalam banyak format, yang mencakup WAV, MP3 dan FLAC. File hasil rekaman pun bisa dibagikan melalui Dropbox.com atau Box.com, selain pilihan yang standar seperti menyalin dan menempel (copy and paste), redo dan undo.

Demikian dua saja dari sekian banyak aplikasi untuk mengutak-atik voice over iOS yang bisa kalian coba. Dengan semakin sering bereksperimen mengedit hasil rekaman suara sendiri, kalian akan justru memperbaiki kualitas suara dalam rekaman. Menyunting hasil suara sendiri membuka ruang kreativitas tanpa batas dengan biaya murah yang siapa tahu malah mendatangkan project besar bagi karir kalian ke depannya. Jangan ragu untuk mencoba berkreasi tak hanya soal suara tetapi proses pengeditan sesuai selera sendiri terlebih dahulu.