Bagaimana Mengenali Karakter Suara Anda?

Sebagai pemula di dunia voice over, Anda pasti sering bertanya, bagaimana Anda dapat mengidentifikasi suara Anda sendiri? Atau bagaimana karakter suara yang paling tepat untuk Anda? Mungkin tips dari tim Indovoiceover berikut dapat Anda lakukan.

Mulailah dengan membuat daftar kata sifat yang Anda rasa menggambarkan suara Anda dan cara Anda berbicara. Kemudian, karena Anda tentu saja butuh pandangan obyektif orang lain untuk mendengar suara Anda, pilihlah lima orang yang mengenal Anda dengan baik, dan lima orang yang mengenal Anda kurang baik, dan mintalah mereka masing-masing untuk mengajukan lima kata sifat untuk menggambarkan suara Anda. Ingatkan mereka bahwa mereka tidak mencoba menggambarkan Anda atau cara Anda melihat, tetapi fokus pada suara Anda. Jika mereka kesulitan menyusun kata-kata deskriptif, mungkin Anda bisa menyusun daftar kata sifat yang panjang untuk membuatnya lebih mudah.
Berikut ini beberapa kata sifat yang mungkin Anda pilih:

Energik | Tulus | Menyenangkan | Lovely

Halus | Percaya diri | Hangat | Optimis

Lihat kata mana yang disarankan oleh teman-teman dengan Anda, terutama jika kata sifat tertentu muncul lebih dari satu kali. Kemungkinan sifat tersebut lah yang selama ini menggambarkan karakter suara Anda.

Ketika Anda menjadi lebih akrab dan nyaman dengan suara Anda, Anda mungkin menemukan bahwa Anda dapat mulai mengidentifikasi atribut yang spesifik untuk Anda. Suara Anda mungkin serak atau mungkin jernih dan jelas. Mungkin Anda memiliki sedikit aksen atau pola vokal tertentu yang orang-orang kenali. Mengidentifikasi karakteristik vokal Anda adalah cara yang baik untuk mulai mengasah jenis karakter dan kualitas apa yang dapat Anda bawa.

Segera setelah Anda menentukan karakter suara Anda, Anda memiliki tempat yang kuat untuk memulai dan membangun brand sebagai voice over actor. Ini akan menjadi tempat aman Anda sehingga Anda selalu dapat kembali, dan mungkin tempat dari mana Anda akan melakukan sebagian besar pekerjaan Anda.

Vocal signature muncul banyak dalam VO komersial. Anda mungkin dipekerjakan karena suara dan sikap spesial Anda – yang oleh klien terasa mewakili produk dengan sempurna, dan tiba-tiba Anda menjadi juru bicara untuk merek itu.

Ingat, yang paling penting di sini adalah Anda menemukan sendiri kualitas dan suara vokal pribadi dan khusus. Ada begitu banyak peluang di bidang voice over yang tidak ada alasan bagi Anda untuk merasa butuh mengubah suara Anda sendiri. Cukup belajar untuk memasarkan apa yang Anda miliki dan siapa Anda, dan saat itulah segalanya akan benar-benar mulai berguna!