3 Media Untuk Mempelajari Voice Over

Mempunyai bakat suara yang khas saja tidak cukup. Untuk menjadi seorang voice over talent yang profesional diperlukan latihan dan pembelajaran secara kontinyu sebagai bekal terjun di dunia voice over atau pengisi suara atau dubber. Tidak mempunyai uang untuk mengikuti kelas voice over secara akademik? Jangan berkecil hati.

Segudang cara bisa dimanfaatkan untuk mengasah ketrampilan voice over secara otodidak. Berikut kami sajikan lima media untuk mempelajari voice over:

  1. YouTube

Cara paling gampang dan murah adalah dengan mengakses YouTube. Platform berbagi video gratis ini menjadi media sosial terfavorit di Indonesia sebab dengan kemudahan dan jangkauan luasnya bisa menjadi media untuk mengangkat bakat seseorang dalam banyak sekali bidang. Nah, kalian bisa belajar dan sekaligus mempromosikan keahlian voice over kalian di sini. Caranya, tinggal klik saja beberapa kata kunci yang dibutuhkan lalu akan tampil banyak video yang bisa dipilih. Kalian bisa mencari video tutorial terkait voice over atau pengisi suara atau dubber, tips atau ilmu akademik voice over.

  1. Webinar

Kecanggihan teknologi dan internet membuat belajar apa saja menjadi mudah dengan melintasi negara, ruang dan waktu. Dalam webinar voice over, kalian bisa belajar secara langsung tanpa perlu repot menembus kemacetan atau bahkan membayar tiket pesawat. Yap! Kalian bisa mengikuti seminar voice over atau pengisi suara atau dubber jarak jauh tanpa tatap muka melalui beberapa agensi voice over yang bisa jadi memasukkan pelatihan sebagai salah satu programnya. Sebagai contoh, kalian bisa mengikuti program webinar voice over pada Julie Williams Coaches Voice Over yang cukup terjangkau, yakni US$49 atau sekitar Rp687 ribu per sekali ikut webinar.

  1. Buku “Dunia Voice Over”

Membaca langsung melalui buku konvensional tetap menjadi cara terdepan memperoleh wawasan mengenai voice over. Salah satunya adalah dengan mempelajari buku “Dunia Voice Over” terbitan Indovoiceover ini. Segala hal tentang dunia voice over, mulai dari pengenalan dasar profesi hingga persiapan menjadi voice over talent, bisa diperoleh dalam buku ini. Disusun oleh agensi ternama di Indonesia, konten di dalam buku ini layak menjadi pegangan bagi kalian yang belajar atau bahkan siap bersaing di industri voice over yang semakin dibutuhkan saat ini.