Cara Produksi Podcast untuk Belajar Bahasa Inggris

Bahasa Inggris masih menjadi primadona di antara bahasa asing lainnya di dunia. Baik untuk secara serius atau pun sekadar hobi, mempelajari Bahasa Inggris tetap dilakukan oleh banyak orang. Ada yang rela mengeluarkan uang untuk membayar kursus bahasa ini, ada yang cukup mendengarkan podcast untuk belajar Bahasa Inggris melalui ponsel cerdas.

Kalian dapat mengisi peluang ini dengan menjadikan tips, trik hingga segala hal terkait Bahasa Inggris sebagai tema utama podcast kalian. Ada dua sudut pandang yang kalian bisa terapkan sebelum membuat podcast untuk belajar Bahasa Inggris. Yang pertama, podcast untuk belajar Bahasa Inggris ini tempat kalian berbagi ilmu yang kalian ketahui. Sedang yang kedua, kalian membuat podcast untuk belajar Bahasa Inggris sebagai bahan belajar bersama antara kalian sebagai kreator dengan audiens.

Menentukan mana yang hendak dipilih akan banyak menentukan konten podcast untuk belajar Bahasa Inggris. Jika kalian memilih membuat konten podcast untuk bahan belajar bersama, konten sebaiknya bersifat interaktif. Audiens akan diajak berkomentar, menuangkan ide podcast hingga mempersiapkan beberapa episode bagi audiens terpilih untuk sama-sama belajar melalui kanal podcast kalian.

Akan tetapi jika memilih sebagai platform berbagi, kalian bertindak layaknya sebagai guru. Maka persiapkan tema yang sekiranya paling diinginkan oleh audiens. Apakah keahlian Berbicara, Menulis, Membaca atau Mendengarkan yang mereka inginkan. Setelah itu, buatkan naskah per episode. Jangan ragu jika dalam bersiaran kalian harus mendikte pengucapan beberapa kata yang dirasa masih kurang akrab.

Tidak kalah pentingnya, selama bersiaran usahakan banyak berbicara dalam Bahasa Inggris. Hal ini dapat membuat audiens terbiasa mendengar susunan kalimat sesuai struktur dalam Bahasa Inggris, yang pada akhirnya melatih kemampuan Mendengarkan mereka sendiri. Baru jika ada bagian yang membutuhkan penjelasan dalam Bahasa Indonesia kalian beralih ke bahasa kita. Perbanyaklah contoh kalimat atau kasus agar teori yang dikemukakan dalam siaran terasa konkret. Biasanya audiens lebih mudah menangkap maksud konten melalui contoh.

Mewarnai konten podcast untuk belajar Bahasa Inggris dapat dilakukan dengan sesekali mengetengahkan tema umum tetapi dibawakan dalam Bahasa Inggris. Cara ini bertujuan tetap mengajak audiens belajar Bahasa Inggris sembari berpikir kritis.