Tetapkan Genre Voice Over Mu

Dunia voice over terus berkembang. Banyak perusahaan yang mengembangkan bisnisnya dengan bantuan jasa voice over atau pengisi suara atau dubber. Hal ini membuat banyaknya tawaran project yang bisa dicari oleh voice over talent. Banyaknya pilihan project yang bisa menjadi lahan pekerjaan bagi voice over talent terkadang membuatnya mengalami kebingungan untuk memilih project yang tepat untuk dirinya. Akan tetapi, voice over talent tetap harus memilih genre yang tepat dalam project voice over agar bisa mengerjakan project tersebut dengan lebih maksimal.

Voice over memiliki beragam genre atau jenis didalamnya. Misalnya saja seperti trailer, character, casual, formal, games, deep voice, dan lain sebagainya. Setiap genre dalam voice over memiliki tingkat kesulitannya masing-masing. Untuk melakukan atau mengerjakan project di setiap genrenya, voice over talent harus benar-benar menguasi tentang genre tersebut dan mempersiapkannya lebih matang lagi. Oleh karena itu, voice over atau pengisi suara atau dubber talent disarankan untuk mengkhususkan dirinya dalam memilih genre yang akan ia kerjakan dalam project.

Voice over talent memilih project biasanya bukan hanya sekedar untuk melakukan pekerjaan. Mengkhususkan diri pada satu genre membuat voice over talent dapat memilih project yang akan dilakukannya dengan perasaan senan. Hal yang terjadi biasanya voice over talent memilih mengkhususkan diri untuk genre yang ia sukai. Tidak hanya itu, pemilihan genre oleh voice over talent biasanya dipertimbangkan dari tantangan yang ia rasakan saat mengerjakan genre tersebut. Misalnya saja jika ia suka untuk memerankan sebuah karakter, maka voice over talent cenderung pasti akan memilih project yang sesuai dengan kesenangannya. Pengkhususan yang dilakukan oleh voice over talent juga mampu untuk membuat ia lebih terfokuskan dalam pengerjaan sebuah projek.

 

Mengkhususkan diri pada salah satu genre bukan berarti voice over atau pengisi suara atau dubber talent tidak bisa atau tidak boleh untuk menerima project-project yang bergenre lainnya. Hanya saja, pengkhususan diri terhadap satu genre mampu untuk membuat voice over talent lebih focus terhadap apa yang sedang ia kerjakan, sehingga hasil yang dicapai pun lebih maksimal karena ia juga mengerjakannya dengan sepenuh hati sesuai dengan pilihannya.