Kriteria Pelatih Voice Over Yang Pas Untuk Anda

Tak dipungkiri mempunyai bakat suara unik saja tidak cukup jika ingin mengembangkan potensi voice over dalam diri ke ranah profesi. Perlu polesan teori dan arahan dari ahlinya agar talenta titipan Tuhan tidak terbuang sia-sia. Salah satu cara untuk mengasah bakat voice over atau pengisi suara atau dubber adalah dengan mencari voice over coaches atau pelatih voice over atau pengisi suara atau dubber.

Kalian bisa memilih langsung voice over coaches alias mempekerjakannya layaknya guru pribadi dengan kalian sebagai satu-satunya murid. Atau kalian bisa mengikuti kursus voice over atau pengisi suara atau dubber dan berbagi ilmu dengan murid lainnya. Kedua metode ini ada nilai plus dan minusnya. Jika kalian lebih ingin mencoba sebagai murid privat, berikut beberapa hal yang layak dipertimbangkan dalam memilih voice over coaches:

  1. Latar belakang pendidikannya

Carilah voice over coaches yang memang menguasai latar voice over dan hal terkait tentang bidang ini. Disebabkan voice over yang memang bukan bidang pelajaran khusus di bangku sekolah atau kuliah, wajar ketika harus mencari ilmu di bangku kursus. Pelatih voice over atau pengisi suara atau dubber yang memahami teknik suara, vokal, hingga latihan pernafasan secara teori dapat membimbing kalian memaksimalkan talenta ini.

  1. Portfolio pekerjaannya

Tak berhenti di bagian teori saja. Carilah guru yang sudah malang melintang di industri voice over agar tidak hanya memberikan ilmu secara teori saja tetapi sudah teruji di lapangan. Jangan ragu untuk mencari portofolio project yang pernah dia lakoni agar mantap dalam memilih.

  1. Cara pengajarannya

Mintalah ulasan atau pendapat dari mereka yang pernah menimba ilmu dari guru tersebut. Cara penyampaian materi yang sesuai bagi kalian akan membuat proses belajar menyenangkan sehingga mampu meresapkan ilmu lebih mendalam. Jika tidak mempunyai kenalan langsung, kalian bisa membaca ulasan di internet tentang guru tersebut. Tidak ada salahnya mencari video saat ia mengajar atau bertanya langsung mengenai gaya pengajarannya.

Mencari voice over coaches memang tidak sepenuhnya mudah. Akan tetapi mencarinya sendiri akan memberikan pengalaman penting agar di kemudian hari kalian bisa lebih teliti mencari pembimbing yang pas bagi masa depan kalian di industri ini.