Tips Memilih Talent Untuk Project Berdurasi Panjang

Menentukan seorang voice over talent dalam sebuah project sangatlah penting untuk kesuksesan project itu sendiri. Jika perusahaan salah memilih voice over talent yang diajak kerjasama, bisa jadi sebuah project tersebut justru menjadi tidak sesuai harapan, bahkan kehilangan penonton atau pendengar video atau audio dari perusahaan mereka. Oleh karena itu, sebuah perusahaan berhak dan harus memilih dengan baik seorang voice over talent untuk project yang akan mereka buat, khususnya pada project long narration.

 

  1. Pilihlah Talent yang mudah untuk diberi arahan

Memilih voice over talent yang professional berarti suatu perusahaan memiliki konsistensi. Untuk itu, perusahaan akan memilih gaya yang suara yang cocok untuk sebuah project yang sedang dikerjakannya. Hal ini membutuhkan pemikiran yang matang untuk jangka waktu tiga minggu atau bahkan tiga tahun kedepannya dengan memilih voice overĀ atau pengisi suara atau dubber yang sesuai. Memiliki perubahan dalam narasi sebuah project menjadi hal yang terkadang dijumpai. Oleh karena itu, memilih voice over talent yang mudah untuk diberi arahan akan membantu perusahaan lebih ringat dalam mengerjakan project tersebut.

  1. Pilihlah Talent yang setuju dengan jadwal produksi projectmu

Jadwal setiap voice overt talent berbeda-beda. Akan tetapi, memilih voice over talent yang bisa mengikuti jadwal produksi projectmu dengan baik akan memudahkan penyesuaian waktu dalam pengerjaan projectmu. Alangkah baiknya, sebelum memutuskan memilih voice over talent dalam projectmu, kamu bertanya kesanggupan calon voice overmu untuk mengikuti atau memiliki kesepakan bersama mengenai jadwal produksi project.

  1. Lakukan Voice Casting menggunakan potongan dari projectmu

Tidak semua suara seorang voice over talent mampu untuk mengisi long narrated project. Biasanya suara yang berkarakter ringan dan fresh akan lebih cocok untuk mengisi project ini. Untuk memastikan si calon voice over atau pengisi suara atau dubbermu, tidak ada salahnya kamu melakukan voice casting menggunakan potongan dari projectmu. Dengan begitu, kamu lebih mudah untuk memilih suara mana yang lebih cocok untuk bisa mengisi kebutuhan projectmu.

  1. Cek terlebih dahulu peralatan recording atau rekaman yang digunakan

Sebelum kamu memilih dengan pasti, alangkah baiknya kamu mengecek terlebih dahulu alat recording atau perekam yang digunakan untuk merekam sample atau demo yang dikirim oleh calon voice over talent mu. Apakah sudah cukup jelas terdengar suaranya, sehingga kamu lebih bisa menilainya lebih baik.

  1. Pastikan Talentmu memiliki koneksi internet yang baik

Sebuah project long narrative biasanya akan memiliki kapasitas file yang cukup besar. Pastikan kepada calon voice over talent mu sudah memiliki koneksi internet yang baik untuk mengirimkan sample suara atau demo kepadamu. Jangan sampai pada saat diunduh, terjadi kesalahan atau ada yang hilang bahkan tidak bisa diputar atau didengarkan.

  1. Menggunakan kontrak untuk melindungi hak dan kewajiban kedua belah pihak

Setelah melewati semua proses dan pemutusan akhir si calon voice over talent yang akan mengisi projectmu, maka akan lebih baik jika kamu membuat kontrak kerja diantara kalian. Hal ini diperlukan untuk melindungi hak dan kewajiban kedua belah pihak.