Langkah Mempersiapkan Project Voice Over

Project adalah lahan pekerjaan bagi para voice over talent di bidang voice over atau pengisi suara atau dubber. Dengan ada nya project, voice over talent mampu untuk terus eksis di bidang suara ini. Untuk itu, terkadang voice over talent berlomba untuk mengikuti audisi online agar project yang mereka inginkan mereka dapatkan. Tidak jarang juga seorang klien akan mendatangi voice over talent professional dan memakai jasanya untuk mengembangkan bisnisnya. Apa yang dilakukan voice overĀ atau pengisi suara atau dubber talent setelah mendapatkan script dari klien?

 

  1. Baca Script

Setelah bersepakat untuk bekerjasama, biasanya klien akan memberikan script kepada voice over talent sebagai bahan dalam pengerjaan project merkea. Ketika mendapatkan script, cobalah untuk memahami maksud dan makna yang ingin disampaikan dari script yang telah diberikan tersebut. Dengan begitu, voice over talent akan lebih mengerti tindakan apa yang harus dilakukan selanjutnya agar bisa menyampaikan pesan yang menjadi tujuan klien.

  1. Memberi Tanda pada Script

Langkah kedua setelah memahami script yang diberikan, voice over talent sebaiknya memberikan coretan misalnya dengan garis miring sebagai tanda jeda untuk menentukan potongan perpotongan intonasi. Dengan cara seperti itu, voice over talent akan lebih mudah untuk membacanya di kemudian waktu dan mengingatnya dengan baik tanpa mengalami kebingungan.

  1. Pastikan Durasi Sesuai dengan Timecode

Tidak selalu project yang datang selalu hanya dengan rekaman suara saja. Terkadang project yang datang menginginkan voice over talent juga menggunakan video. Bila project tersebut menuntut untuk menggunakan video, pastikanlah durasi sudah sesuai dengan timecode agar hasil yang dicapai lebih baik.

  1. Bertanya untuk Kata-kata yang Terdengar Asing

Script yang diberikan oleh klien terkadang menggunakan kata yang kurang familiar oleh voice over talent, karena bahasayang digunakan tergantung dari tema yang diangkat atau company profile yang mereka miliki. Hal ini mungkin akan membuat voice over talent kebingungan. Maka tidak ada salahnya bagi voice over talent menanyakan istilah atau kata-kata yang tidak dimengerti, sehingga dalam pengerjaannya, voice overĀ atau pengisi suara atau dubber talent tidak melakukan kesalahan dalam hal penyebutan atau cara bacanya.

 

  1. Simple Editing jika diperlukan

Tahap terakhir setelah melakukan perekaman adalah editing. Editingpun bisa dilakukan jika voice over talent memang memerlukannya. Misalnya saja mengedit bagian noise atau ingin memberikan backsoud sesuai dengan kebutuhan dari project tersebut.

 

Mengerjakan project untuk menghasilkan yang terbaik adalah suatu keinginan untuk setiap voice over talent. Oleh sebab itu, voice over talent perlu untuk mengambil langkah yang tepat dalam setiap project yang dilakukan, misalnya saja saat setelah menerima script dari klien. Langkah-langkah diatas sedikit tidaknya memberikan gambaran pada voice over talent yang bisa diikuti setelah script diberikan.