5 Tips Yang Harus Diketahui Bagi Seorang Voice Over Talent

Suara dihasilkan dari sebuah getaran pita suara ketika seseorang berbica atau mengeluarkan suaranya. Getaran yang dihasilkan tersebut berbeda-beda. Getaran yang berbeda tersebut akan menghasilkan suara yang berbeda jenisnya dan dari kategori yang berbeda. Berikut jenis suara yang didasarkan kepada beberapa jenis kategori yang telah di buat oleh tim indovoiceover.com.

  1. Jenis suara berdasarkan usia

Usia memiliki pengaruh  yang cukup besar terhadap jenis-jenis suara yang ada. Semakin tua atau semakin bertambah tingginya usia seseorang, maka suara yang dihasilkan akan semakin rendah. Hal ini dikarenakan pita suara yang tumbuh semakin panjang, lebar dan mengalami peningkatan massa.

  1. Jenis suara berdasarkan media

Setiap produksi yang menggunakan jasa voice over, memiliki jenis suara yang berbeda-beda. Voice over atau pengisi suara atau dubber biasanya digunakan dalam dunia bisnis, hiburan, games ataupun iklan. Misalnya saja dalam hal dunia hiburan, jenis suara seorang voice over talent dibentuk berdasarkan karakter yang akan diperankan. Begitu pula dengan games ataupun iklan.

  1. Skill suara yang bisa dilatih

Suara adalah pemberian dari Tuhan yang memiliki keunikannya tersendiri. Akan tetapi, skill atau keterampilan suara seseorang dapat dikembangkan dengan pelatihan-pelatihan khusus dalam pembentukan suara yang memiliki karakter tertentu. Dengan latihan secara terus menerus dan konsisten, maka seseorang mampu untuk membentuk atau memerankan karakter-karakter tertentu.

  1. Latihan dengan naskah yang berbeda dari kebiasaan

Berlatih dengan membaca naskah yang disukai memang terkadang menjadi suatu hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Akan tetapi, keluar dari zona nyaman akan membantu seseorang untuk mempelajari hal baru yang belum pernah dijumpainya. Dalam bidang suara, khususnya bagi seorang voice over talent, dapat dilakukan dengan cara membaca naskah yang tidak disukai. Hal ini mampu mengajarkan atau melatih voice over talent menemukan karakter suara baru. Selain hal itu, dengan berlatih naskah yang tidak disukai juga dapat membantu seorang voice over talent mengembangkan kemampuannya, sehingga semakin banyak pula karakter atau naskah yang mampu untuk dibacakan.

 

  1. Belajar dari voice over terkenal

Belajar dari voice over atau pengisi suara atau dubber terkenal membuat seoerang voice over talent mampu untuk lebih dalam mengenal jenis suara mereka sendiri. Tidak hanya itu, dengan belajar dari seniornya, voice over talent juga mampu untuk melihat kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya. Dengan pengalaman yang terlebih dahulu didapat oleh voice over talent senior, ia mampu untuk memperbaiki kekurangan yang ditemukan didalam dirinya. Hal ini berdampak positif bagi pengembangan dirinya yang membuatnya semakin berkembang untuk menjadi lebih professional.