Peluang Menjadi Dubber Animasi di Indonesia

Berbicara mengenai film kartun atau anime, tidak akan lepas dari peran seorang dubber. Di Indonesia, mungkin profesi seorang dubber atau pengisi suara atau voice over terdengar begitu asing dan belum banyak yang mengetahui profesi ini. Namun, profesi dubber ini telah menyebar di wilayah Indonesia sejak tahun 1990-an. Pada saat itu, industri televisi Indonesia sedang dibanjiri oleh film-film buatan luar negeri, antara lain telenovela, dokumenter dan kartun. Hingga saat ini, profesi seorang dubber masih sangat dicari, terutama untuk film animasi atau anime dan kartun. Film tersebut telah memiliki pasar utamanya sendiri yakni anak-anak. Masuknya berbagai film dari luar tersebut menjadi prospek yang terbuka lebar bagi yang berprofesi sebagai seorang dubber.

Untuk memiliki karier yang menguntungkan di industri pengisi suara, sangat diperlukan kegigihan dalam berlatih, berlatih, dan berlatih lagi. Dengan berlatih, anda belajar cara menguasai dan mengendalikan suara anda untuk memberikan kinerja terbaik. Semakin banyak anda mendapatkan pengalaman menggunakan suara anda, semakin anda dapat meningkatkan peluang untuk memesan peran. Jauh dari mimpi yang tidak mungkin tercapai, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan kesempatan bekerja dalam dunia sulih suara, antara lain :

studio dubber

  1. Ikuti kelas pengisi suara dari pelatih pengisi suara atau voice over atau dubber yang memiliki reputasi baik. Dengan mengikuti kelas, tidak hanya mendapatkan pelatihan tapi juga mendapatkan kesempatan dalam praktek secara langsung dengan merekam dan mendengarkan demo kelas anda sendiri. Hal tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk mengevaluasi diri dengan mendengar area yang membutuhkan peningkatan dan melakukan penyesuaian yang diperlukan.

foto fry voice vector

  1. Berlatih bersama dengan iklan. Cara yang mudah dan gratis untuk mendapatkan pengalaman pengisi suara yang hebat adalah dengan meniru para profesional. Setiap kali mendengar iklan televisi dan radio, anda dapat mencoba berlatih bersama dengan aktor suara yang sebenarnya melalui iklan tersebut. Hal ini akan membantu anda berlatih dengan gaya yang berbeda, dialek dan emosi. Anda juga dapat merekam diri anda untuk melihat apakah anda benar-benar terdengar seperti aktor komersial.

  1. Baca dan rekam skrip voice over profesional yang sebenarnya digunakan perusahaan. Selain itu juga dapat memperoleh Script voice over gratis yang tersedia dari berbagai sumber.

  1. Berpartisipasi dalam kelompok kritik suara melalui organisasi pengisi suara. Minta bantuan teman untuk dapat memberi tahu anda mengenai perbaikan apa yang perlu dilakukan dan apakah anda memiliki suara yang cukup mendukung dalam industri pengisi suara.

  1. Jika Anda memiliki suara, tetapi belum mendapatkan pekerjaan apa pun, tawarkan untuk melakukan beberapa rekaman voice overĀ atau pengisi suara atau dubber secara gratis. Dengan melakukan hal tersebut, anda membangun demo gulungan yang dapat digunakan untuk menarik klien baru. Wadah yang tepat untuk menawarkan layanan voice over gratis salah satunya adalah stasiun radio dengan pelayanan media dan bisnis yang membutuhkan buku audio atau rekaman tutorial.