Peluang Voice Over Talent di Media Podcast

Podcast merupakan media audio yang menyediakan konten tertentu digunakan oleh orang untuk mengembangkan bisnis mereka dalam bidang suara. Berkat pengembangan podcast, para pendengar sekarang sudah mampu untuk mengakses informasi menarik dan penting tentang beragam topik dari mana pun mereka berada baik melalui spotify, youtube, atau melalui platform lain.  Hanya melalui sebuah ponsel atau perangkat seluler lainnya, para pendengar sudah bisa mendengarkan atau memilih topik yang ingin mereka dengarkan. Podcasting ini sendiri terbilang masih sangat muda di dalam dunia media, hanya baru sekitar sepuluh tahunan dikenal oleh masyarakat.

Jumlah media podcast setiap harinya bertambah, terutama dalam topik voice over atau pengisi suara atau dubber  dan juga dalam perkembangan bisnis. Voice over atau pengisi suara atau dubber sendiri didalam media podcast memiliki peluang sukses yang besar. Hal dikarenakan podcast adalah media yang berkala dengan ciri khasnya yang memiliki beberapa episode, sehingga project yang berlangsung memiliki durasi yang cukup lama dan tentu saja hal tersebut menguntungkan bagi voiceover talent untuk mendapatkan penghasilan dalam jangka waktu yang panjang. Secara umum, setiap episode yang mengandung informasi tertentu membantu voiceover meningkatkan kemampuannya dalam hal menyulih suara, sehingga peluang bisnis sulih suarapun ikut berkembang.

Penggunaan voice over dalam berbagai keperluan usaha merupakan salah satu perkembangan yang sering kita jumpai pada jaman sekarang ini. Tidak hanya dalam pengisian suara dalam film animasi kartun saja, tetapi juga dalam bidang lainnya juga. Banyaknya penggunaan lain dari voiceover yang mampu untuk dikembangkan lebih lanjut. Beberapa contoh voiceover penggunaan lainnya yakni seperti untuk penggunaan iklan televisi, radio, edukasi, dan game. Beberapa perusahaan mencari voice over talent untuk mengisi kebutuhan perusahaannya dengan menjadikan voiceover sebagai pekerjaan sampingan bagi seseorang yang tidak memiliki banyak waktu, akan tetapi memiliki bakat atau kemampuan yang dibutuhkan perusahaan.

 

Terkadang banyaknya permintaan atau tuntutan minat dari pendengar membuat sebuah perusahaan tidak memiliki banyak waktu untuk membuat podcast sendiri sebagai media promosi. Biasanya sebuah perusahaan membangun mitra dengan startup untuk memenuhi kebutuhan dalam bidang voiceover.