Podcast : Media yang Kembali Baru

Podcast, mungkin beberapa dari familiar dengan Podcast atau sesuatu yang kita ingat dan pernah dengar di awal milenium. Demam perangkat pemutar portable atau istilah mp3 player diawali oleh rilisnya iPod oleh Apple di tahun 2001 yang di ikuti dengan banyak merk lain seperti Sony dengan Walkman digital series, Hewlett Packard, Samsung dll turut mendukung lahir dan tumbuhnya media baru ini “Podcast” yang sering juga dengan istilah Radio on Demand. Radio on Demand adalah dimana pendengar bisa memilih tema dan waktu mendengarkan sesuai keinginan.

Istilah Podcast sendiri konon berdiri dari kata iPod dan Broadcasting yang di cetuskan oleh penyiar radio terkenal di Amerika. Pemilihan kata iPod mungkin dikarenakan iPod adalah perangkat pemutar musik portable yang merasakan sukses besar di pasar dan berhasil menjadi global culture.

Dan di tahun 2017-2018 ini Podcast kembali diperbincangkan, kita bisa temukan banyak jenisnya di Spotify dengan mudah. Podcast dan Voice Over sendiri mempunyai kedekatan yang sangat terlihat, yaitu media yang berbasis Audio, dan untuk teman-teman yang tertarik untuk menjadi Podcaster, bisa cek beberapa artikel Blog dari kami yang berkaitan dengan Software perekaman suara dan juga artikel mengenai olah suara bagaimana melatih suara agar terdengar baik di depan mic.

Kami di Indovoiceover sangat tertarik untuk melihat trend Podcast yang kembali naik daun. Akankah Podcast menemukan tempat nya di generasi Milenials atau akan kembali layu sebelum berkembang seperti pada medio 2000-an?