3 Aplikasi Handphone untuk Merekam Podcast

Selain sebagai sumber hiburan dan informasi, handphone cerdas atau smartphone bisa menjadi sarana untuk berkreasi. Salah satunya untuk merekam konten dalam bentuk audio berupa podcast. Baik pengguna ponsel cerdas berbasis Android, Google Play Store menyediakan banyak pembawa acara podcast app alias aplikasi bagi pembawa acara podcast dalam merekam hingga mengedit audio mereka sebelum tayang di akun podcast masing-masing.

  1. Anchor

Referensi pembawa acara podcast app yang pertama adalah Anchor. Menyebut diri sebagai aplikasi tergampang untuk membuat podcast, pembawa acara podcast bakal dimanjakan dengan kemampuan aplikasi ini yang sanggup merekam podcast dalam kualitas tinggi. Bahkan, pembawa acara podcast bisa menyebarkannya kemana saja, termasuk Google Podcasts dan Apple Podcasts. Selain merekam suara sendiri pada banyak jenis gawai, pembawa acara podcast bisa menambahkan efek suara hingga mengimpor audio tambahan dari aplikasi mana pun agar podcast lebih semarak.

  1. Spreaker Studio

Rekomendasi pembawa acara podcast app berikutnya dari Google Play Store adalah Speaker Studio. Dalam keterangannya, Speaker Studio mengusung visi mengubah perangkat pengguna bisa menjadi studio lengkap. Tak hanya merekam konten podcast biasa, Speaker Studio membantu pembawa acara podcast dalam menyiarkan podcast live atau pre-record sembari menaruh trek dan efek suara dalam konten yang sedang digarap.

Dengan kata lain, pembawa acara podcast bisa berkarya layaknya seorang reporter lapangan. Jika sudah selesai, aplikasi ini memudahkan pembawa acara podcast membagikan konten melalui media sosial, seperti Facebook dan Twitter. Untuk melakukan interaksi pun tersedia Live Chatbox sehingga pembawa acara podcast bisa memulai langkah menjadi blogger audio dengan menjalin komunikasi langsung dengan audiens.

  1. Audio Recorder

Dengan 4,2 dari total 5 bintang, tak salah rasanya melirik app pembawa acara podcast  yang satu ini. Beberapa komentar positif pengguna wajar melayang ke aplikasi ini mengingat ini adalah buatan resmi Sony Audio Recorder. Pihak pengembang membuat Audio Recorder untuk memudahkan pengguna dalam merekam dan memutar ulang audio baik di ponsel cerdas mau pun tablet mereka. Desain antar muka perekaman yang intuitif memperlancar proses merekam, mengambil jeda, mengedit audio dan masih banyak lagi. Bahkan, di beberapa negara pihak Sony Audio Recorder menambahkan fitur transkripsi dari ucapan atau tutur ke teks tertulis via layanan Reportex.