Tips Agar Suara Anda Bisa Menjadi Lebih Berat

Memiliki karakter suara yang unik adalah impian seseorang yang terjen dalam dunia voice over atau dubbing. Jasa voice over atau jasa dubbing akan mencari orang-orang yang memiliki talenta dengan karakter suara yang unik atau bisa untuk menciptakan karakter suara yang unik. Salah satunya adalah dengan karakter suara yang dalam atau deep voice. Karakter suara yang mendalam ini cukup dicari dalam dunia voice over atau pun dubbing. Namun, apakah berarti suara yang berat dan dalam hanya dimiliki beberapa orang saja? Tentu tidak. Suara yang berat dan dalam bisa diciptakan dengan berbagai macam latihan. Mari kita simak!

 

  1. Gunakan Pitch Terendah

foto low pitch vector

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah melatih suara dengan menggunakan pitch suara terendah yang kamu miliki. Berlatih dengan pitch suara terendah akan membuat suaramu terdengar lebih dalam.  Namun, tidak lupa untuk menggunakan suara ternyaman yang kamu miliki tetapi tetap dengan picth terendah, sehingga suara yang terdengar pun menjadi lebih enak untuk didengar dan membuatmu nyaman melakukakannya.

 

  1. Gunakan Otot Bagian Leher

foto leher vector

Menggunakan otot bagian leher akan berfungsi sebagai pengendali suara yang akan dikeluarkan oleh seseorang. Hal ini dikarenakan tebal atau tipisnya otot leher akan mempengaruhi pitch yang akan dikeluarkan. Jika kamu menginginkan suara yang lebih berat, maka otot leher yang digunakan haruslah tebal. Untuk menghasilkan otot leher yang tebal dan kencang, kamu cukup melatih diri dengan cara mengisap jempol dengan kuat berkali-kali. Dengan begitu, suara yang dalam pun bisa diciptakan dengan sendirinya.

 

  1. Buat Ruangan di dalam Mulut

foto mouth voice over

Alternative lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat ruangan dalam mulutmu. Hal ini berarti kamu membayangkan bahwa suara kamu ada di depan, sehingga untuk mencapainya, ada jarak seperti ruangan dalam mulut. Dengan begitu, kamu berusaha untuk membuat suara terdengar lebih berat dan juga dalam agar mencapai suaramu yang ada di depan itu.

 

  1. Melakukan Latihan Fry Vocal

foto fry voice vector

Tahap ke empat adalah cara mengeluarkan suara dengan frying vocal. Hal ini dipercaya membantu melatih suara yang dikeluarkan agar terdengar berat dan juga dalam. Teknik ini digunakan untuk menciptakan suara yang rendah, namun tetap memiliki nadanya tersendiri.

 

Dengan latihan yang keras dan secara rutin, suara berat dan juga dalam akan mampu untuk dihasilkan. Cobalah untuk menyediakan waktu khusus untuk melatih dengan beberapa tips seperti diatas saat kamu ingin memiliki suara yang terdengar lebih berat dan dalam.