Cara Membuat Sample Voice Over yang Mengesankan

Voice over samples atau contoh pengisian suara tidak bisa dipandang sebelah mata, loh. Entah untuk dipajang di profil media sosial pribadi atau diberikan ke calon klien, voice over examples harus tetap dikerjakan secara profesional agar mendukung karir ke depan. Berikut panduan sederhana untuk membuat voice over atau pengisi suara atau dubber examples yang patut kalian coba:

  1. Membuat konsep konten

Walau hanya sebatas voice over atau pengisi suara atau dubber examples, buatlah konsep konten. Perencanaan konten yang matang bagus dalam membantu mengisi rekaman suaranya. Konsep konten pada umumnya mengandung durasi, topik apa yang ingin diisi suarakan, jenis suara yang akan dipertunjukkan dan musik pendukung apa yang dibutuhkan.

  1. Mempersiapkan lokasi rekaman

Jangan abaikan hal kecil yang dapat mempengaruhi hasil rekaman. Pastikan kondisi ruangan bebas dari suara yang berpotensi mempengaruhi hasil audio nantinya, termasuk suara kipas angin atau jendela yang bergerak. Hal-hal kecil seperti ini patut diperhatikan.

  1. Mengecek mikrofon atau ponsel pintar

Bersihkan memori ponsel pintar jika memang sudah mulai kekurangan memori. Jangan sampai sudah bagus dalam merekam tetapi tidak tersimpan karena memori yang habis. Atau cek pula mikrofon yang hendak dipakai. Periksa jikalau ada kerusakan yang tidak diketahui yang nanti bisa menghambat proses rekaman. Setelah mengetahui jika ada yang rusak, perbaikilah sedini mungkin agar tidak membutuhkan biaya besar jika terlambat menyadarinya.

  1. Mempersiapkan software penyuntingan

Proses penyuntingan tidak boleh disepelekan. Di sini kreativitas pribadi begitu bermain. Memilih lagu latar yang pas, menambah efek suara hingga memberikan beberapa lagu yang berbeda bisa menjadi pilihan bagi kalian. Tak mengherankan elemen penyuntingan begitu penting bagi sebagian voice over atau pengisi suara atau dubber talent sebab memandang konten rekaman yang unik terkadang yang membuat calon klien tertarik.

Jangan ragu membuat voice over examples yang berbeda dari kebanyakan. Balutlah bakat suara unik yang kalian miliki dengan bungkusan kreatif yang semoga bisa membuat kalian sebagai kreator yang berbeda di mata siapa pun yang mendengarkan hasil akhir rekaman kalian. Selamat mencoba.